Nunchaku, dari senjata menjadi hobi

Siapa yang ngepens (baca: ngefans) sama Bruce Lee pasti tau sama yang namanya Nunchaku. emang nunchaku itu asistennya Lee ya? bukan dia itu mertuanya 😀 nunchaku itu senjata yang dipake sama Lee di film Enter The Dragon.

enter the dragon posterhttp://blog.naver.com/PostView.nhn?blogId=dnwjddn89&logNo=30107007930

ane gak ngejelasin nunchaku secara detail, ane cuma mau ngejelasin in generally aja.. Nunchaku alias Double Stick alias Chuck alias Ruyung adalah salah sawijining senjata dalam martial arts. bentuknya dua bilah kayu atau material apapun yang dihubungkan pke rantai atau tali di bagian tengahnya. cara pakenya gimana? ya tinggal dikeplakke ke musuh, lha wong bahannya aja kayu, pasti aduh aduh klo kena 😀 sebenernya gak gitu juga sih, ada teknik khususnya, dan teknik itu bisa dijadiin gaya gayaan lho.. dengan kata lain freestyle gitu.. nah, bidang freestyle nunchaku inilah yang ane dalami, belajar dari nol sampai sekarang udah menguasai beberapa gerakan yang sebenernya gak heboh heboh amat 😀

dikisahken, awal mula ane tertarik sama nunchaku itu bukan melalui perantara mak comblang, tapi lewat temen ane yang anak karate. kelas 1 SMA ane mulai kenal dan belajar yang namanya nunchaku. awalnya sih cuma iseng iseng aja ngikutin temen ane itu, tapi kok lama lama mulai kerasa asiknya, mulai jatuh cintrong kali ya.. ya udah, ane putuskan buat serius belajar. kebetulan waktu itu di kota tercinta, Banjarnegara, baru mbrojol dari rahim sebuah komunitas freestyle nunchaku yang bernama Indonesia Nunchaku Club Banjarnegara, oke lah, ane putuskan buat join, itung itung nambah temen sambil memperdalam skill main nunchaku.

main nunchaku itu kayak nyari pacar, gak bisa begitu ketemu langsung “kawin”. ya perlu latihan dulu lah.. gak ada yang instan di dunia ini, mie instan aja harus direbus dulu 🙂

kita kumpul, atau istilahnya gathering, di Alun Alun kota Banjarnegara. Lumayan menyita perhatian orang yang lewat lah.. semoga mereka gak berpikiran kami ini orang yang kurang gawean sampai sampai senjata pun buat mainan 😀 paling asik klo pas gathering diliatin cewek bohai, lihai nan aduhai, rasanya agak geer gimana gitu.. pernah satu kali ane diliatin cewek cakep pas lagi gathering, niat hati mau show off malah jadi gak konsen dan akhirnya “mak klothak!” batang stainless berbunyi ketika kena dengkul *jleb banget* rasane malu tenan ki -____- sakit juga yaa..

nunchaku

itu tuh nunchaku stainless yang bikin ane cenat cenut kayak lagunya SM*SH. diameter batang stainlessnya 2 cm, panjangnya 28 cm.

1 tahun lebih ane main nunchaku, sampai pada akhirnya kesempatan buat show off secara resmi pun datang. ane perform di sekolah ane buat ngisi acara api unggun bareng temen temen INC Banjarnegara. cieehh.. merasa bangga juga dab, tapi tetep controlled kok, soalnya klo gak dikontrol ntar jadi sombong 🙂

yang lebih “wah” , ane main gak pake nunchaku biasa, tapi pake firechuck, jadi nuncahku stainless itu dilubangin ujungnya buat tempat ngiket sumbu atau kain lain yang mudah terbakar tapi gak cepet abis. DON’T TRY THIS AT HOME! ane gak menganjurkan firechuck dimainin sembarangan. ane gak tanggung akibatnya 😛

abis sumbu terpasang kuat baru deh dicelupin ke minyak tanah. mirip sama Oreo nya Afika, bedanya Afika masukin oreo ke susu terus dimakan. klo firechuck apa mau dimakan juga? ya gak lah, gemblung koe.. abis dicelupin tuh sumbunya dibakar, baru deh buat mainan

nih penampakannya…

firechuck INC banjarnegara

bener bener sesuatu banget menurut ane 😀

o iya, nih ane kasih jepretan nunchaku koleksi ane, semua handmade lhoo.. selain nunchaku stainless yang ada di atas, ane jg punya yang selang sama kayu

nunchaku handmade

dulu waktu latihan pakenya yang dari pipa pralon, tapi sekarang udah ancur T,T

nunchaku

itulah coretan sampah ane tentang nunchaku.. udah dulu yak? keep on fire guys 🙂

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN !

Advertisements

4 responses to “Nunchaku, dari senjata menjadi hobi

  1. Pingback: Just a Historical Badge | tiwulwonogiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s