Bikin Gitar Custom? Kenali Dulu Kayunya…

Kayu, dari anak kecil ingusan sampe mbah mbah pasti tau yang namanya kayu.. Saking terkenalnya kayu, sampai sampai ada pepatah yang menggunakan kata kata kayu, yaitu “kayu sebelum berkembang” *maksudnya layu sebelum berkembang*
Kayu itu keras, klo gak percaya coba dipukulin nyang ndasmu, rasakan sensasinya 😀

Buat bikin gitar atau bass gak sembarang kayu bisa dipake loh.. coba ente pake kayu arang, gak bisa kan? Selain berpengaruh ke bobot gitar/bass, kayu juga berpengaruh ke sound yang dihasilkan si alat musik tersebut. Berikut ini ada beberapa pengetahuan sotoy tentang material gitar/bass yang ane rangkum dari berbagai sumber, entah benar atau fitnah ane gak tau 😀

jenis kayu gitar
proses pembuatan gitar Gibson, ngambil dari sini

siapa tau ente mau bikin gitar custom kan jadi tau lebih dan lebih tau tentang kayu yang mau dipake. So let’s cekidot..

1. Kayu Mahogany.
Dapit Bekam bilangnya mahogany, tapi Sujarwo sama Mbah Koir bilangnya mahoni. yang bener yang mana? semuanya bener kok ndes..
pabrikan Gibson pake ini kayu, contohnya Les Paul. Lumayan berat, seratnya bagus, jadi klo ente mau bikin gitar/bass warna natural (dipernis doang) bisa lah pake kayu jenis ini..

2. Basswood
Kayu ini punya karakter suara warm, bobot lebih ringan dari mahoni. kepadatan kayunya agak rendah, jadi yang grusa grusu alias pecicilan alias gak hati hati bisa cepet rusak.

3. Kayu Lasi
Banyak ditemukan di Sulawesi sama di Nusa Tenggara. kayu ini lumayan kering, jadi gak berat berat amat. soal karakter suara ane belum tau deh..

4. Kayu Ebony
Nhaa, klo yang ini pasti udah banyak yang tau. Soale industri gitar banyak yang pake kayu jenis ini. Biasanya dipake di bagian fretboard. Banyak tumbuh di Sulawesi sama Maluku. Berhubung banyak pabrikan yang pake kayu ini kayaknya gak perlu ditanyakan lagi kualitasnya deh 🙂

5. Kayu Cempaka
Kayu jenis ini punya resonansi yang bagus, jadi ajib klo dipake buat body. Tumbuh di Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

6. Kayu Ash
Kayu ini cocok buat sound frekuensi low, alias buat body bass. Bobot mirip sama kayu Basswood. Karakternya low..

7. Kayu Sungkai
Mirip nama artis ya.. Shireen Sungkai 😀 becande aje.. Kayu sungkai dijuluki Indonesian Ash Wood, soale, karakter sama serat kayunya mirip sama kayu ash.

8. Kayu Sonokeling
kayu ini biasanya dipake buat fretboard, sebelas duabelas lah sama Ebony. Bobotnya sedang, tahan air. Biasa nongkrong di pulau Jawa.

9. Kayu Sengon/Albasia
Bobotnya ringan, gampang dibentuk, tapi gampang patah. Klo buat fretboard mending jangan pek kayu ini deh, soalnya gampang melengkung. Karakter? No comment dah, soale gak tau 😀

10. Kayu Alder
Karakter suaranya warm, bobot ringan, Fender Stratocaster pake kayu ini. Suaranya balance antara high sama mid sound.

Kayaknya cuma segitu yang bisa ane kasih, sebenernya masih banyak jenis jenis kayu yang lain, contohnya Maple, Agathis, Rosewood, Poplar. Merawan, Alpukat dan lain lain.. katanya kayu Beringin juga bisa loh, tapi ati ati, ntar setannya ikut masuk ke body 😀

Sebuah gitar atau bass bisa dibikin dari beberapa kombinasi jenis kayu. Misalnya fretboard pake Rosewood, body nya Maple, neck pake Mahoni. Itu semua bisa berpengaruh ke sound, jadi klo pengen sound yang variatif tinggal pilah pilih aja kayunya mau pake yang mana..

Tentang bobot kayu nih, IMHO, bobot kayu selain dipengaruhi usia kayu waktu ditebang juga dipengaruhi kandungan air yang ada di kayu tersebut. Makin banyak air (getah juga termasuk) bobotnya makin tinggi. Biar bobotnya berkurang bisa pake cara pengeringan. Bisa dikeringkan secara alami, bisa juga dioven.

Sekian dari ane, thanks for reading my trash 🙂

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s