Alay-isme Berkedok Racing Look

Astaghfirullah.. Ababil..

Tarik nafas dulu deh.. “Astaghfirullah.. Ababil..” mungkin itu kalimat yang tepat buat diucapin waktu ngeliat modifikasi abegong sekarang.. You know it lah, pake ban cacing, mika stoplamp bening, pake knalpot yang suaranya ngalahin suara kereta onion-emoticons-set-6-9

Sebagai bagian dari generasi penerus bangsa yang baik budiman, ane juga sering ngerasa risih waktu liat style modif begituan. Katanya sih racing look, tapi lambat laun mulai diidentikkan sama alay. Kenapa? soalnya mayoritas yang pake tuh ABG labil bergenre alay. Ane gak ngejelasin definisi alay disini, karena sebagian besar dari ndoro ndoro yang menyempatkan baca sampah ini udah tau yang namanya alay.

bukan bermaksud sok suci, secara ane masih bagian dari golongan remaja di Indonesia tercinta ini, yang kadang juga ababil.. Tapi setidaknya tulisan ini bisa ane jadiin introspeksi buat kedepannya biar gak ikutan alay..

Racing look gak bisa dilepaskan dari Thailand, makanya disebut juga Thai look. Soalnya dari sanalah aliran modif ini berkembang. Modifikator disana doyan modif tunggangan mereka biar jadi mirip motor drag bike. yang jadi ciri khasnya tuh pake ban ukuran kecil (biasa disebut ban cacing). Trus opo salahe? okelah klo buat ikutan kontes modifikasi, tapi klo dipake daily use itu mah pilihan pekok.. Coba bayangin, ada gajah tapi kakinya kaki ayam, proporsionalkah? Tentu ora.. Motor (apapun jenisnya) ane analogikan sebagai gajah, dan ban cacing ane analogikan sebagai kaki ayam.

Ini otakku, mana otakmu? Sebuah pertanyaan yang pantes buat dilontarkan ke biker alay.. Mungkin cuma takdir yang bisa menyadarkan mereka.. Takdir dimana mereka harus mengalami kecelakaan akibat pake ban cacing. Ban cacing itu bisa bikin kecelakaan loh, apalagi bikernya alay *ups* tau sendiri lah gimana riding style alayer alayer tanah air.. Klo bikin kecelakaan kenapa motor drag pake ban kecil? Lha wong mereka kan cuma jalan lurus, lagian klo pake ban kecil bisa ngurangin friksi antara ban sama permukaan aspal, jadinya gesekannya bisa diminimalisir.. Gesekan minim di lintasan drag bisa jadi keuntungan, lha klo di jalan raya? bisa ndlosor sampeyan.. Temen ane yang ngikut aliran racing look juga pernah cerita klo doi pernah ndlosor di tikungan. Simpel, daerah kontak ban sama permukaan aspal sedikit, jadi traction nya gak ada. Inilah penyabab ban cacing gampang ndlosor, terutama di tikungan.. Emang sampeyan mau jalan lurus terus di jalan raya po? MUSTAHIL! Pasti ketemu tikungan juga.. yang bisa jalan lurus terus tuh cuma celeng onion-emoticons-set-6-46

http://dolanclinick.wordpress.com/tag/alay/

Bukan hal susah buat nemuin Satria FU alay di kota kecil bernama Banjarnegara. Pelajar SMA banyak nih yang pake model ginian.. Wis lah, ane ambil sampel dari sekolah ane aja. Udah banyak motor motor alay di parkiran sekolah ane. Fyuuh.. Apa ini indikasi FU tuh motor alay? Mungkin bisa juga.. Bentuk standarnya yang udah bergaya racing bikin motor ini jadi idaman para remaja buat beralay alay ria.. Setelah Satria FU, ada V-ixion di peringkat motor basic modif alay racing look.

Modif boleh, asal masih mengutamakn fungsionalitas dan unsur safety. Klo alay mah ngerusak, bukan memodifikasi.. Mbuh ah, modif kan subyektif, biarin mereka seneng sama alirannya itu, yang penting klo ndlosor jangan ajak ajak yang lain, ndlosorlah sendiri, itu lebih bijak.

Nah, sekarang kebalikan dari modif alay nih.. Apaan?

http://www.honda-tiger.or.id/forum/showthread.php?t=20648&page=77

Yups, modifikasi aliran touring. Entah kenapa image motor touring buat ane tuh “dewasa” gitu.. Soalnya mayoritas yang demen modifikasi jenis ini tuh orang orang dewasa yang dibekali akal sehat dan kemampuan berpikir matang, kebalikan dari alay yang sebagian besar ababil. Trus aspek fungsionalitas dan safety dijunjung tinggi di aliran touring. Side box sama rear box bukan buat gaya gayan doang loh, tapi buat mengangkut barang barang yang mungkin diperlukan klo lagi dipake touring. Mosok motor touring nggembol rantai cadangan di jok? ya gak etis lah.. Belum lagi pemasangan hand guard sama engine guard, selain bikin manis juga bikin septi loh.. Kelengkapan juga sip, lampu lampu masih digunakan sesuai standar lalu lintas. Eits, tapi gambar diatas pake strobo, janga ditiru yak? soalnya strobo udah dilarang sama pak pulisi.

Apapun makanannya modifikasinya, aspek safety harus jadi prioritas. Maaf buat yang tersinggung gara gara sampah di atas, ane cuma mau ngingetin kok.. Yang tersinggung berarti ngerasa dirinya alay onion-emoticons-set-5-74

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN!

Advertisements

10 responses to “Alay-isme Berkedok Racing Look

  1. Yang make modifan kayak tiger diatas juga ganggu tuh apalagi kalo lagi macet, ngeliatnya aja risih apalagi harus bersanding dengan motor kya gt dikemacetan, bikin sumpek senggol sana senggol sini, blm lagi karakternya yg sok arogan pdahal org kampung. Sama aja jadinya sm yg modif alay alay itu. Mending motor ane aja vario wtf tanpa modif yg merugikan org lain.

    • hak itu masih berlaku selama penerapannya gak melanggar hak orang lain 🙂
      lagian ane juga gak ngelarang bray, it’s your choice, modif itu subyektif dan ane paham itu.
      thanks for ur comment 🙂

  2. tigernya alay juga tuh…msak mau sepedaan motor bawa magic com ama rombong kanan kiri,,emang ente mau pindahan rumah ape mau ngungsi???buahahahaaa

  3. sama aja sihh, itu yang tiger juga bikin pedes mata kalo lagi di jalan raya, katanya safety sihh tapi kenapa kokk arogan kalo di jalan raya? pake acara sok lagi. apapun modifikasinya penting yang ngendarainya bro, bisa matuhin tata tertib apa enggak bisa sopan di jalan raya apa enggak, punya rasa toleransi pada pengendara yang lainnya atau enggak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s