Selamat Tinggal Rantai Berisik..!!

Udah lama memendan hasrat pengen ganti rantai SuSi yang bunyi klo diajak jalan, akhirnya kelakon juga hasrat bejad terpendam itu.. Sebabnya tak lain dan tak bukan adalah rantai yang mulai kendor.. Mau dikencengin udah gak mungkin, soale pengencang rantainya udah mentok dan gak bisa modot lagi..

Niat hati pengen mendekin rantainya, tapi takut mbok menowo malah putus di jalan. Ya udah mau gak mau harus beli gear set, soale klo cuma diganti rantainya doang [katanya] percuma, gak lama lagi juga bakalan minta ganti rantai lagi dikarenakan gir yang udah gak bagus lagi kondisinya. Akhirnya ditebuslah gear set merk Indoparts seharga 91.000. Kata bakule itu udah di diskon, aslinya 107.500, berarti ada diskon sekitar 15%. Lumayan, daripada lu manyun 😀
O iya, ane ganti pake punya New Supra Fit yang ukurannya 14-36, berarti naik satu mata dari gir standar Supra X 125R yang 14-35.

Oke, siap siap ngoprek sendiri dan tentunya siap reged gupak oli.. Nih alat dan bahannya..

Bisa sampeyan liat di atas, teronggok berbagai macam abrag abrag yang diperlukan buat mbongkar rantai dan antek anteknya. Antara lain: kunci sok ukuran 8 (ane pake kunci Y 8-9-10), kunci busi ukuran 19, kunci ring ukuran 11-12 sama 13-14, obeng minus, dan gear set tentunya..

Langsung aja buka cover sprocket pake kunci sok 8. Trus buka as roda belakang pake kunci ring 14, biar gak mlengsye yang sebelah kanan diganjel pake kunci busi 19. Abis cover sprocket kebuka, lansung keliatan interiornya yang naudzubillah kotornya..

buka baut ukuran 10, trus lepas pin penahan sprocket nya, cara ngelepasnya agak mekso, soale dipukul pake obeng minus biar bisa njeplak. O iya, biar gak muter masukin gigi ya, kan jadi ngunci tuh.. Abis itu lepasin juga roda belakangnya.

Putusin rantainya, caranya pukul pin sambungan rantai pake obeng minus. Jangan terapkan cara ini buat mutusin pacar, beda lagi ceritanya 😀
Yang gak sabar bisa pake gerinda buat motong sambungannya..

Oke, sprocket udah lepas, ganti sama yang baru.. Gir belakangnya dilepas juga dong.. Ada 4 baut ukuran 14, lepas trus ganti juga sama yang baru..

Klo gir sama sprocketnya udah diganti semua, tinggal rantainya. Waktu buka kemasan rantai dalam posisi nyambung, putusin dulu trus pasang ke gir, sambung lagi tuh rantai.Hati hati masang pin sambungannya, liat petunjuk arah pemasangan di kemasan rantainya. Klo udah beres semua, pasang lagi cover sprocket sama as roda ke posisi woman on top semula. Sesuaikan pengatur rantainya, jangan kekencengan ya.. Semprot rantai pake chain lube..

Kelar deh ritual ganti gear setnya.. Tinggal test drive deh, ane ajak lari 80 km/jam gak ada gangguan, insya allah udah beres nih 🙂

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN!

bonus

Advertisements

14 responses to “Selamat Tinggal Rantai Berisik..!!

  1. om pke sproket gear set punya new supra fit itu plug n play alias plek kan.?
    tidak perlu potong rantai klo buat dipasang di supra 125..?
    oia new supra fit itu sama gk siyh dengan fit x ukuran gearnya.?
    biar gk binun pas nanya dbengkel..
    heheheheh..
    matur nuwun..

  2. Langsung saja, pertama saya ada keluhan rantai sering berisik di motor Supra x125 saya, kondisi rantai dan motor masih orisinil tdk ada modif dan masih baru pakai 1500KM. Oleh mekanik resmi honda disarankan untuk mengganti rantai tadi dengan kepunyaan Supra Fit yang kata mekaniknya memiliki mata rantai yang lebih besar. Setelah di pasang memang kondisi rantai tidak berisik lagi dan saat berjalanpun terasa lebih stabil.

    Keluhannya:
    Kenapa setelah rantai di ganti dengan rantai Supra Fit laju kendaraan di posisi gigi 2 dan 3 nafas gas udah ngos-ngosan dan bila posisi gas setengah keatas- mau naikkan gas lebih tinggi dengan harapan lajunya akan lebih kencang ternyata tidak bisa. Lajunya terasa berat, baru setengah gas udah mentok, tapi kalau sudah di pindah gigi 4 baru deh ngacir. Kondisi ini tidak terjadi jika masih menggunakan rantai standar bawaan Supra x125 tadi.

    Pertanyaan:
    Kira2 settingan apa yang harus dirubah ya, soalnya saya beli rantai SupraFit itu orisinil, baru dan itu juga satu set jadi bukan satuan.
    Kalau untuk jalan trek lurus nafas terasa pendek dibanding jalan menanjak, kenapa?

    • wajar kok gan, tapi selama ini yang ane rasain gak terlalu signifikan bedanya..
      gear besar emg menang akselerasi, torsi cepet naik, RPM cepet naik juga, alhasil nafas jadi cepet abis.
      hmm klo ngomongin masalah settingan mending konsultasi langsung ke bengkel aja, biar jelas mana yang kurang.

    • sebenernya bisa gan, tapi harus potong mata rantai sekitar 1 atau 2 mata rantai.
      tp alangkah baiknya klo ganti gearset sekalian, soale klo cuma ganti salah satu ntar umur pemakaiannya beda. rantainya masih bagus, eh gearnya udah jelek.. begitu gan 🙂

  3. Supra x 125 sy juga pake gear set Supra Fit… cuma awal pake agak sedikit kepanjangan. mau langsung dipotong 1 mata takut kependekan… akhirnya dipake dulu buat sementara waktu.. pas udah kendor banget baru deh dipotong… sy udah pas pake rantai ini. gear belakang lebih besar. enak di putaran bawah, dan sy tidak terlalu suka ngejar top speed (baca: kebut kebutan)..

  4. Up date info gan ada lagi Rantai dan Gir yg kuat sama dg Aslinya asli Jepang bukan buatan Lokal. Ketahanan 2,1ton lama pemakaian 30,000km asliii bemerrr Bergaransi. Mana ada Spare part yg bergaransi. Info Distributor ODITER 021.5410269 – 081397713894 – 081908953674 / Kantor di Jl rayadurikosambi no.11 cengkareng – jakarta barat. Atau cari di facebook grosir.rantai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s