Terpuruk, Satu Kata Untuk Seni Indonesia Saat Ini

Ngemut permen, permen lolipop, bunder tur gepeng rasane legi..
Kepengen beken pengen dadi ngetop, karyane laris kok senine mati…

Penggalan lirik diatas adalah penggalan lirik lagu dari Jogja Hip Hip Foundation (JHF) yang berjudul “Jula Juli Lolipop”

Menurut ane pribadi nih yee, yang notabene cuma seorang makhluk sotoy, dunia seni Endonesa tuh sekarang lagi terpuruk. Nah, lagu diatas dirasa paling tepat buat menggambarkan keterpurukan seni Indonesia saat ini.

Kenapa ane sampe berani bilang terpuruk? Liat aja tuh, di tipi tipi sekarang banyak nongol artis artis karbitan. Ibaratnya buah karbitan, yang harusnya belum mateng dipaksain harus mateng dalam tempo jang sesingkat singkatnja. Karena karbitan, jelas kuailitasnya pun rodo mekso. Contohnya aja seni tarik suara deh.. Banyak penyanyi yang cuma modal tampang doang *ane gak mau nyebutin merk* dibilang fals, ya gak, dibilang bagus, ya gimana gitu, takut dikira pitnah 😀

Bukan bermaksud sok jadi tukang analisa produk, ini cuma jeritan seorang anak manusia yang sebenernya udah dipendem dari dulu.
Gimana gak menjerit? Wong rasanya makin hari makin merosot aja rasanya.. Bandingkan sama seni Indonesia era jadoel, liat aja Benyamin Sueb, Rhoma Irama, Padi, Sheila on Seven, dan masih banyak artis artis lain yang emang layak disebut artis. Mereka tenggelam gara gara segelintir orang yang nganggep dunia seni itu sebagai ladang duit doang.. Hari ini niatnya ngumpulin duit, besok ngumpulin duit lagi, besoknya tetep sama, ngumpulin duit lagi. Kapan ngumpulin seninya?

Gak tarik suara, gak perfilman, kabeh do bobrok! Yah meskipun ada sih sebiji dua biji yang qualified, tapi tetep aja kalah tenar ujung ujungnya sama yang punya tampang cakep plus duit.

Yang diutamakan cuma hasil penjualan album, RBT, trus royalti. Gak peduli sebulan dua bulan lagi bakal ilang popularitasnya, yang penting saat popularitas itu ilang, duit udah di kantong.

IT’S NOT ABOUT THE MONEY SUCKA!

Miris ngeliat orang yang modalnya seupil tapi beken, padahal disaat yang sama talenta talenta superstar lagi ngesot ngesot sengsara.
Oke deh, sekarang dunia perfilman. Ente pikir film Indonesia sekarang bagus bagus? Liat tuh, yang ada cuma pilem dedhemit yang nampilin Jupe lagi pamer [censored]

Pantesan produk luar lebih laris, kan orang Indonesia sekarang udah pinter pinter.. Mereka bisa milih mana tontonan yang gak ngebosenin. Apalagi tayangan di I***siar sama R**I, sinetron mulu! Dari jaman kakek ane masih bujang sampe sekarang gak abis abis tuh jalan ceritanya. Padahal cerita sama pemainnya itu itu aja.. Opo do ra bosen ta?

Bagaimanapun, seni itu super subyektif. Penilaian si A belum tentu sama kayak penilaian A’, apalagi sama si B. Padahal A’ itu turunan dari A loh.. So, pinter pinter milih deh..

Nih ane kasih lirik JHF-Jula Juli Lolipop sekalian translate nya..

Ngemut permen, permen lolipop, bunder tur gepeng rasane legi.
Kepengen beken, pengen dadi ngetop.
Karyane laris, kok senine mati..

Jaman saiki kabeh do blereng matane
Podho nuruti pasar opo pesenane
Ngene wis dadi cara nggo golek pangane
Seni ra penting sing penting entuk duite

Inspirasine wis ilang dipendhem mati
Rasa solidaritase wis podho lali
Karya seni kontemporer jaman saiki
Mung koyo mut mutan ning ilat kroso legi

Sing dituju nilai rupiah lan dolare
Golek cara ben payu laris dagangane
Karya senine lali nggambarke rakyate
Rakyat sing urip sengsara apes nasibe

Ono kancaku sing kepengen dadi artis
Pancen dasar bocahe senengane narsis
Banjur tingkah polahe mung sing manis manis
Malah koyo permen rasane krinyis krinyis

Nek tak pikir pikir kok koyo tukang kayu
Mung waton ngemali opo opo sing payu
Seni saiki nuruti pasar sing mlaku
Dadi bakulan asal tau sama tau

Soyo suwe dodolane kok soyo payu
Tambah sugih wonge uripe tambahn maju
Omahe dadi gedhong dicet werno biru
Gedhe magrong magrong kamare ono pitu, eh wolu

Jaman biyen isih ngothel numpak pit onta
Saiki wis numpak mobil gedhe tur dawa
Tuku opo opo ra perlu ndelok rego
Kamengkon ndisik kerep njaluk aku sego

Jaman semono isih ramah karo aku
Kok saiki sikape malih dadi kaku
Ganti hape nganggo hape tipe terbaru
Senengane mung blonjo ‘ro mlaku mlaku

Omahe rame diparani bos kagol
Takon opo ono karya sing arep didol
Karya seni koyo dagangan jenang dodol
Seni kok soyo mawut wis modhol modhol

Kira kira gini nih artinya..

Ngemut permen, permen lolipop
Bulat pipih rasanya manis
Pengen beken pengen jadi ngetop
karyanya laris kok seninya mati..

Jaman sekarang udah pada rabun matanya
Semua nurutin pasar sesuai pesenannya
Kayak gini udah jadi cara buat nyari makan
Seni gak penting, yang penting duitnya

Inspirasinya udah hilang dikubur mati
Rasa solidaritasnya udah pada lupa
Karya seni kontemporer jaman sekarang
Cuma kayak emut emutan di lidah berasa manis

Yang dituju cuma nilai rupiah sama dollarnya
Cari cara biar laku dagangannya
Karya seninya gak menggambarkan rakyatnya
Rakyat yang hidup sengsara apes nasibnya

Ada temenku yang pengen jadi artis
Emang anaknya sukanya narsis
Trus tingkahnya cuma yang manis manis
Malah kayak permen rasanya krinyis krinyis

Klo dipikir pikir cuma kayak tukang kayu
Asal nyetak apa aja yang laku
Seni sekarang nurutin pasar yang dinamis
Jadi penjual asal tau sama tau

Lama lama dagangannya makin laku
Makin kaya orangnya hidupnya makin maju
Rumahnya jadi gede dicat warna biru
gede mewah kamarnya ada tujuh, eh delapan

Jaman dulu masih gowes pake sepeda onta
Sekarang udah naik mobil yang panjang
Beli apa aja gak perlu liat harga
Padahal dulu sering minta nasi sama aku

Jaman dulu masih ramah sama aku
Sekarang sikapnya berubah jadi kaku
Ganti hape pake hape tipe terbaru
Sukanya belanja sama jalan jalan

Rumahnya rame didatengin bosnya
Nanya apa ada karya yang mau dijual
Karya seni kayak jualan dodol
Seni kok makin semrawut berantakan

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s