Demam Panggung? Latihan Mental Solusinya…

Apakah anda seorang Performer baru? Apakah anda merasakan panas dingin, grogi, malu, susah buang air besar dan sakit pada bagian selakangan saat perform? Apakah anda ingin membuang kebiasaan nggilani itu? Jika ya, datanglah segera ke Klinik Pengobatan Tongseng! *matamu*

Pernah gak ente ngerasain yang namanya demam panggung? demam panggung gak ada hubungannya sama demam berdarah looh onion-emoticons-set-5-79

demam panggung juga bukan berarti cuma berlaku di panggung aja demamnya, tapi bisa juga waktu presentasi apaan kek, “demam” tampil di depan banyak orang juga bisa disebut demam panggung. menurut ane loh 😛 jadi ane gak mau debat sama pakar bahasa tentang masalah ginian.. oke langsung aja dab, yang namanya demam panggung tuh biasanya terjadi sama performer performer kelas teri kayak ane gini deh.. gejalanya ada ada aja, dari keringetan, grogi, sampe mules juga bisa, tiap tiap orang beda.. yang paling sering ane alami tuh keringetan, biasanya waktu di bekstej (baca: backstage) gak begitu heboh, tapi waktu naik panggung mulai deh ada perubahan yang kerasa banget. waktu pertama kali ane manggung, ane turun dari panggung dengan kondisi tangan yang basah kuyup, bener bener basah kuyup, keringetan je.. ane cuma bisa berdoa semoga yang tampil setelah ane gak jijik sama fretboard nya, kan waktu itu ngisi acara ulang tahun sekolah dan alat musiknya juga dipake barengan sama performer lain  onion-emoticons-set-5-9

panggung pensi

tuh panggung pas ane perform..

demam panggung bisa menurunkan skill bermain kita juga, mungkin karena faktor konsentrasi yang terbagi dan akhirnya bikin permainan kita agak kacau. gak lucu kan klo kita lagi mian di depan ratusan bahkan ribuan audience trus kita salah metik atau salah ambil posisi fret.. oke deh klo ente mainnya udah kayak gitaris or bassist propesional yang bisa improvisasi sepenak wudhele dhewe, gak begitu masalah..

katanya sih, demam panggung bisa diakibatkan oleh beberapa hal, antara lain kurang persiapan, belum biasa manggung, penontonnya banyak, ngerasa skillnya kurang, ditonton sama gebetan dan masih banyak lagi..

nih ane kasih beberapa tips yang mungkin berguna buat mencegah demam panggung, ini berdasarkan pengalaman pribadi, kisah nyata coy, dan diambil dari beberapa narasumber. cekidot..

  1. Persiapan matang

ini mah udah jadi menu wajib buat semua performer sebelum naik pelaminan panggung. Musisi atau band sekelas Anang Hermansyah, Slank, Agnes Monica, bahkan Dream Theater pun perlu latihan dulu..

2. Feel the groove!

Waktu masuk intro, tentu kita masih belum terbiasa. Tapi seiring berjalannya odong odong lagu, biasanya kita udah bisa main “lepas”. Klo belum biasa, biasakanlah! Rasakan irama, rasakan beatnya, satukan jiwa dengan musik. Ceileeh.. Klo ente udah “nyambung” sama musiknya, insyaallah ente bisa ngelupain semua rasa grogi yang tadi menyerang.

3. Last but not least, berdoa.

Inget, semua ada di tangan Tuhan, bukan Maradona, tapi tangan Tuhan beneran. Baca doa sebelum naik ke panggung, gak perlu pake bakar menyan segala, cukup doa yang simpel aja, minta dikuatin mentalnya, dijauhin dari segala macam kesalahan teknis, de el el…

Semoga berguna 🙂

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s