Karena Gantungan Kunci Joger Sudah Terlalu Mainstream

Apa manfaat dari ekor sapi? Jawabannya untuk mempermudah penhitungan. Gak ada orang beli 4 kaki sapi, 8 kaki sapi, 1 kepala sapi, 2 kepala sapi. Yang ada cuma 1 ekor sapi, 2 ekor sapi.

Ngomong tentang gantungan kunci nih… Apa sih sebenernya gantungan kunci buat ndoro sekalian? Klo buat ane sih gak cuma sebagai penghias kunci, tapi juga buat mempermudah klo kita nyari keberadaan kunci itu sendiri, iyo ora? Dengan adanya gantungan kunci, maka kunci jadi lebih gede dan gampang diliat, dirasakan, dan diambil. Wis lah, kakean cangkem…

Berhubung kemaren Idul Adha nih, ane kan dapet buntut sapi dari sapi kurban sekolah ane *sebenernya bukan dapet, tapi minta*, nah ane bikin deh tuh buntut sapi jadi gantungan kunci. Ekstrem? Mbuh ah…

Dasar wong gemblung, buntut sapi kok dipake buat gantungan kunci. Eitts, gak cuma ane yang pake, banyak kok, tapi kebanyakan pake buntut wedus. Entah wedus bendot apa wedus Senayan. Mungkin karena ukurannya yang lebih kecil ya… Buntut Kera Sakti klo sampeyan mau juga monggo…

Buat yang tertarik, nih ane kasih tau cara bikinnya…
Pastikan buntut yang diambil cuma bagian rambutnya, klo masih berupa ekor utuh mah sayang, mending dibikin sop buntut aja deh…

Sebelum diolah lebih lanjut pastikan buntutnya udah bersih dari residu lethong yang mungkin menempel saat sapi masih hidup. Kan gak asik klo gantungan kunci kita ada *ehemm*nya dan berbau semerbak ๐Ÿ˜€
Pembersihan dilakukan dengan cara dicuci berkali kali pake air biasa, trus yang terakhir pake air yang dicampur sabun colek. PERHATIAN! DAPAT MENYEBABKAN RASA JIJIK, MUNTAH, DAN BEBERAPA EFEK SAMPING LAIN.

Klo udah bersih baru deh diawetkan. Caranya gampang, rendam di larutan NaCl selama 24 jam. NaCl dikenal ibu ibu sebagai garam dapur, regane murah dan tersedia di warung warung di pelosok desa sekalipun. Dosisnya ane mah pake feeling aja, gak terlalu encer tapi juga gak terlalu pekat.

Selanjutnya, ekor dijemur sampe kering. Yah kira kira seminggu deh… Pokoknya sampe tulangnya kaku dan gak berbau lagi.

Klo udah kering tinggal dilubangin pake paku kecil trus dikasih besi gantungan kunci. Itu lho, yang bulet trus nglungker nglungker.

Jadi deh! ๐Ÿ™‚

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN!

Advertisements

One response to “Karena Gantungan Kunci Joger Sudah Terlalu Mainstream

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s