Ekonomi dan Musik

Huaah… Rasane udah lama gak apdet tentang musik…

Ekonomi dan Musik, judul diatas bukan berarti penggabungan pelajaran ekonomi sama pelajaran seni musik. Keep it easy nda, ini gak rumit kok…

Kemaren waktu ane ngobrol ngalor ngidul tentang musik sama temen ane, sampailah pada saat yang berbahagia ane sama temen ane ngebahas tentang keterkaitan musik sama golongan ekonomi masyarakat Indonesia tercinta. Temen ane nyeletuk “Jazz kui tontonane wong sugih” (Jazz itu hiburannya orang kaya)

Pendapat demikian ini mungkin ada benernya juga… Soale, image musik Jazz di Indonesia adalah musiknya orang kaya. Sedangkan Dangdut, Reggae adalah musik golongan menengah kebawah. Strata ekonomi menjadi pemisah selera musik. Mosok?

Gambar diatas adalah gambar daftar harga tiket Java Jazz 2013 yang ane curi dari javajazzfestival.com. Bisa diliat dengan mata telanjang bahwasanya harga tiket buat daily pass tuh 215.000 (belum termasuk pajak dan administrasi liyane). Coba bandingin sama event event Dangdut atau Reggae yang tiketnya dibanderol seharga 10-20 ribu rupiing, itu juga biasanya udah dapet rokok sebungkus.

Apa ini tandanya bener bener ada pemisah bernama tingkat ekonomi? Menurut ane sih gak… Belum tentu yang doyan Dangdut sama Reggae tuh orang *nuwun sewu* gak mampu. Belum tentu juga yang doyan Jazz orang mapan. Iya to?

FYI, Jazz tuh awalnya lahir dari tangan tangan budak Afrika yang manggon neng Amrik sono… Tapi ya mungkin karena adanya beberapa pergeseran lempeng bumi kultur, Jazz jadi identik sama orang berduit.

Di tanah Ngayogjokarto Hadiningrat malah banyak berkeliaran musisi Jazz yang tapil secara sederhana. Lesehan, cuma pake sandal jepit, dan pake pakaian seadanya. Ini buktinya klo Jazz tuh bukan cuma punya segelintir orang.

Jadi, ente masih berpikir ada pemisah bernama strata ekonomi?

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN!

Leave a Reply

