Lampu Sign, Bukan Sekedar Hiasan

Perlu gak sih motor nyalain lampu sign pas mau nyalip? ABSOLUTELY PERLU!

Lampu sign, sein, riting, lampu kedip or whatever istilahnya, adalah sebuah perangkat yang [menurut ane] wajib ada di kendaraan bermotor. Soale ini perangkat pungsinya buat komunikasi sama pengandara lain, baik searah, maupun dari arah berlawanan.

lampu sign

Foto diambil dari sini

Mobil nyalain lampu sign pas mau nyalip seolah udah jadi keharusan. Tapi klo motor?

Menurut ane sebuah keharusan juga. Berdasarkan pengamatan ane di jalan, masih banyak rider yang melupakan fungsi lampu sign pas mau nyalip. Mungkin pemikiran mereka “Ah, motor kan kecil, jadi gak perlu makan jalan banyak, buat apa nyalain lampu sign? Ngerepotin..”

Nah, ini kesalahannya. Banyak pengendara yang belum tau kamsud dibikinnya lampu sign. Lampu sign itu buat komunikasi, in this case, waktu mau nyalip, lampu sign seolah ngomong “Eh, gue minta jalan lu dikit dong..”

Dari kecil kita udah diajarin, klo mau minta sesuatu harus ijin dulu sama pemiliknya. Berlaku juga waktu mau minta jalan. Gak usah minta jalan ke Jasa Marga, yang harus ente lakukan tuh minta sama pengguna jalan yang lain.

Ane sendiri selalu berusaha ngasih isyarat klo mau ngambil jalur lawan. Mungkin ada kondisi tertentu yang memungkinkan ane buat nyalip tanpa ngambil jalur lawan, nah di situasi seperti itu ane jarang nyalain lampu sign, paling ngasih klakson pendek sambil nyalip. Yah walaupun sebenernya klo mau nyalain lampu sign juga halal halal aja sih..

Oh iya, jangan lupa, pas mau pindah lajur [bedakan dengan jalur] nyalakan juga lampu sign. Ini juga bertujuan buat ngasih isyarat ke kendaraan di belakang kita. Got it?

Walaupun ane kadang lupa *namanya juga manusia* setidaknya tulisan ini bisa memotivasi ane biar makin septi riding di jalan. Dan yang gak kalah penting, bisa bikin pembaca tulisan ini makin peduli sama komunikasi di jalan.

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN!

Leave a Reply

