Ride Report: Wonogiri

Akhirnya dapet kesempatan pulang ke Wonogiri lagi. Terakhir pulang tuh lebaran tahun lalu, berarti udah 7 bulan kali ya.. Di kesempatan kali ini, ane ngajakin SuSi buat nemenin perjalanan ane, sekalian ngetest konsumsi bensin nih anak. Mungkin report konsumsi BBM nya nyusul di post selanjutnya, tapi nek ora males ngetik yaa 😀

Oke, mari kita awali dengan bacaan hamdalah. *lho

Berangkat dari Banjarnegara selepas subuh, jam 5 dini hari. Jalan Banjarnegara-Wonosobo masih lengang, wus wus deh.. Di Selokromo ane ambil jalur alternatif yang langsung tembus ke pasar Kertek, lumayan menyingkat waktu, tapi ada beberapa bagian jalan yang rusak, mirip kolam lele dab..

DSCF5571

Terakhir ane lewat sini jalan masih bagus, mungkin waktu itu diperbaiki karena menghadapi arus mudik kali ya.. Selepas arus mudik, yowes dibiarin ndongkrok.

Dari pasar Kertek sampe Temanggung gak ada halangan berarti, tetep war wer dengan kecepatan 70-80 km/jam. Sering berhenti sebentar buat ngambil beberapa take foto, abis itu melesat lagi.

Nyampe sekitar Bedono kok rasanya bokong ini gak bisa diajak kompromi lagi, cengkringen, panas, dan masih banyak lagi, akhirnya ane putuskan buat menepi sebentar di warung pinggir jalan, beli air minum sambil udad udud dan mendinginkan suhu bokong mesin.

Ini penampakan SuSi pas ane jepret sambil istirahat.

DSCF5586

Nampak jelas sebuah tas ransel mbegogok di belakang stang. Itu baru oleh-oleh, klambi, celana, sempak, dan barang kebutuhan ane ditaruh di tas gendong terpisah.

Selama perjalanan Bedono-Solo gak banyak yang ane dokumentasikan. Kecuali sebuah plang penunjuk jalan di daerah Baki, Sukoharjo.

DSCF5589

Melihat garis finish udah di depan mata, ane semakin semangat. Tapi bukan berarti jadi pecicilan lho yaa.. Aku telusuri jalanan beraspal di tengah siang yang menyengat. Ceileeh 😀

Oke, Sukoharjo lewat, mulai masuk daerah Wonogiri. Disambut dengan hangatnya oleh sebuah ucapan selamat datang.

DSCF5593

Jam menunjukkan angka 11, tandanya masuk jam makan siang. Ane inget sebuah warung sate yang selalu ane datangi tiap ane pulang kampung, namanya Sate Pak Ponijo. Jadi ane putuskan ane tahan dulu rasa lapar ini, biar ntar makin telap-telep ngemplok satenya.

Jalan yang ramai perlahan berubah jadi sepi, dengan pepohonan di kiri kanan jalan. Udara lumayan sejuk walaupun waktu itu cuaca lagi panas. Beginilah iklim di Wonogiri, panas dab!

Ketemu jalan sepi yang meliuk liuk bagaikan welut disko, langsung deh ane tertantang buat sedikit memacu adrenalin lewat aksi cornering. Ane masih inget berita tentang terjadinya kecelakaan di jalan ini beberapa waktu lalu, satu tewas, satu lagi luka-luka.  Ingatan itu bikin ane lebih hati-hati dalam mengambil keputusan. Mugio Gusti tansah maringi keslametan dhumateng kawulo. Amin..

Untitled-1

Mulai muncul rumah-rumah dan toko di pinggir jalan, then I realized that I’ve reached Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri. Yiihaa..!!

Oh iya, ane sempetin dulu mbadhog di warung sate yang ane ceritain diatas tadi. Sebenernya sih jarak rumah simbah tinggal beberapa kilometer lagi, tapi rasanya kurang afdhol klo belum mampir ke warung sate yang satu ini.

FYI, warung sate ini namanya warung Sate Pak Ponijo, gak tau apa yang spesial dari sate di warung ini, yang jelas ane selalu ngerasa ketagihan buat mampir lagi di tiap kesempatan. Letaknya ada di deket terminal angkutan umum. Jangan tanya arah, wong ane buta arah disini 😀

DSCF5597

Begitu masuk langsung pesen sate kambing+nasi, sama es teh. Gak lupa yang di rumah simbah juga ane pesenin ayam bakar. Ciyus deh, enelan, rasanya enak. Daging satenya matang secara merata, bumbunya juga pas alias gak marakke eneg. Ada irisan kubis, bawang merah, sama tomat di satenya. Plus ada taburan merica bubuk yang bikin nih sate rasa pedesnya unik.

Begitu kenyang, langsung deh check out belanjaan. Total 43 ribu, gak tau deh rinciannya gimana 😀

Setelah perut kenyang, otomatis acara keroncongan di dalem perut udah selese, konsentrasi kembali ke jalan.

Sekitar 15 menit jalan, sampailah kita pada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa di depan pintu rumah simbah 🙂

Lanjutin kesini yaa..

2 responses to “Ride Report: Wonogiri

  1. Pingback: Page not found | tiwulwonogiri

  2. Pingback: Uji Konsumsi Supra X 125 PGM-FI | tiwulwonogiri

Leave a Reply

