Ride Report: Wonogiri [Chapter II]

Oke, melanjutkan postingan sebelumnya, sekarang ane mau berkisah seputar aktivitas ane selama di kampuang nan jauh di mato, Wonogiri.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwasanya rumah simbah ane itu terletak di Wonogiri yang agak jauh dari peradaban *halah*. Bayangin aja rumah dengan halaman luas khas rumah Jawa, dengan jalan yang dibuat dari batu yang disusun sedemikian rupa, beberapa pohon bambu disamping rumah, dan udara segar yang dihasilkan oleh beberapa tumbuhan di sekitar rumah. It makes me feel free nda, jarang ane temui suasana beginian di Banjarnegara.

DSCF5614

Tampak jelas pada gambar di atas beberapa tumpukan batang padi kering yang siap dirontokkan gabahnya. Oh iya, kedatangan ane bertepatan dengan musim panen, jadi sedikit banyak tau dong proses pengolahannya..

Sedikit cerita tentang pengolahan padi nih..
Disini proses pengolahan padi dilakukan bersama sama dengan tetangga. Dibayar tentunya, hari gini mana ada yang mau sukarela ngebantuin atau istilahnya “nyambat gawe”

DSCF5609 copy

Beberapa orang tampak sibuk merontokkan gabah dari batang padi atau yang biasa disebut dengan ngerek. Gambar sengaja dibikin BW buat nyembunyiin pencahayaan yang salah πŸ˜€

Buat merontokkan gabah, diperlukan sebuah alat yang disebut erekan. Alat ini bukan dibuat oleh insinyur jebolan tahun ora enak, anak SMA pun bisa bikin. Ini dikarenakan sederhananya alat ini. Yeah, it’s as simple as you see..

Ditenagai oleh sebuah mesin bakar berkekuatan 5,5 PK, alat ini mirip banget sama rice thresher modern, walaupun konstruksi bodinya masih pake kayu.

DSCF5622

Lagi-lagi foto cacat. Fyuuh..

DSCF5623

Batang-batang padi dimasukkan ke alat ini, diputar, dibolak balik sampe gak ada sebutir gabahpun yang masih nempel. Gabah yang keluar dari mesin nantinya disortir lagi karena masih ada jeraminya. Sortir teruus, sampe diperoleh gabah yang bener bener murni gabah, tanpa jerami.

Oke, cukup cerita tentang pengolahan padi.

Di hari kedua, pagi harinya ane disuguhi sebuah makanan *yang sebenernya biasa aja* yang pantes ane ceritain. Makanan itu adalah jadah dan tempe goyyeng.

DSCF5646

Jadah adalah beras ketan yang dimasak trus dibentuk lonjong seukuran lontong trus ditaburi parutan kelapa. Rasanya gurih dab, cocok buat cemilan pagi pengganjal lapar. Klo tempe goreng rasanya gak perlu ane jelasin deh πŸ˜€

Yang unik, pembungkusnya pake daun jati. Bukan kertas minyak atau plastik. Gak tau kenapa wrapping kayak gini bikin makanan yang ada di dalemnya berasa lebih spesial πŸ˜€
Ane juga sering tuh makan nasi pake alas daun jati, sensasinya beda πŸ™‚

Ngomong ngomong tentang makanan, ane jadi inget dapur. Dapur di rumah simbah masih pake kayu bakar. Disini mie instan bukan mie instan lagi namanya, karena harus nyiapin kayu bakar dan nunggu apinya merata dulu, keburu ilang deh nafsu makannya πŸ˜€

DSCF5636 copy

Di hari kedua ini, ane jadwalkan buat mengunjungi makam keluarga, trus dilanjutkan berkunjung ke rumah sodara. Jangan bilang no pic = hoax, gak berani motret kuburan dab, takut.

Senja tiba, saatnya ane balik ke rumah trus istirahat buat perjalanan pulang esok harinya.

Keesokan paginya ane bangun pagi, pengen menikmati detik detik terakhir berada di kampung halaman *halah

Bikin kopi trus duduk-duduk di teras, clingukan sambil udad udud, menikmati dinginnya pagi itu. Niatnya pengen pulang agak pagi, biar nyampe Banjarnegara gak terlalu sore. Setelah bantu simbah menjemur gabah, ane merangkak mandi trus tingkes-tingkes bawaan.

Ada perjumpaan pasti juga ada perpisahan. Akhirnya jam 9 ane pamitan mau pulang. Sempet ada rasa sedih pas mau pulang, tapi yo mau gimana lagi..

And now, I’m heading home. Pulang dengan banyak pengalaman baru dan juga kerinduan buat kembali ke kampung halaman πŸ™‚

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN!

One response to “Ride Report: Wonogiri [Chapter II]

  1. Pingback: Ride Report: Wonogiri | tiwulwonogiri

Leave a Reply

