Jaman Edan, Tukang Tipu Berkeliaran

Terinspirasi oleh salah satu trit Kaskus yang isinya memberitakan tentang kepalsuan salah satu dagangan di Tokobagshit, ane berniat spread the word dengan bahasa ane sendiri.

Setelah melakukan kroscek ke berbagai situs, didapatkan fakta bahwa ada salah satu seller nakal di Tokobagshit. Nah loh..

Begini ceritanya.. Ada beberapa iklan yang nawarin Canon EOS 5D beserta lens kitnya, ajaibnya lens kit yang dimaksud adalah lensa 18-55mm EF-S. Yang paham seluk beluk fotografi pasti mudeng. Gimana ceritanya Canon 5D yang notabene punya lens mounting tipe EF dijejeli lensa bertipa EF-S?

Untitled

Anehnya lagi, beberapa iklan tersebut uploadernya berbeda, dengan kota yang berbeda pula, tapi nawarin satu dagangan, harganya juga sama! Lak yo aneh sekali klo kayak gini..

Iseng-iseng ane klik salah satu iklan, nongol deh tuh gambarnya.. Fotonya emang terlihat meyakinkan, dengan foto khas rumahan yang mengindikasikan si seller bukan cuma asal comot foto dari internet.

Untitled2

Nama uploader iklan ane samarkan. Dengan harga 7,5 juta, kondisi barang baru, siapa yang gak tergiur sama barang ini? Diliat dari strapnya, keliatannya sih ini 5D Mark II. Mungkinkah ini barang sisa yang sempet ndongkrok di bea cukai trus dijual murah? Mbuh..
Kenapa ane bilang sisa? Soalnya 5D Mark II udah discontinue, alias gak diproduksi lagi.
Wedyaan, makin aneh aja nih.. Seinget ane, dulu waktu 5D Mark II masih diproduksi harganya sekitar 20an juta, mosok dadi anjlok ngono harganya?

Lanjut, setelah kejanggalan harga, sekarang ane mau bahas tentang kejanggalan paling janggal sejanggal-janggalnya iklan di dunia perjanggalan. Ngakak ane, liat iklan mau nipu gini tapi penipunya kurang teliti.

FYI, Canon 5D itu kamera berjenis full-frame DSLR, yang punya lens mount bertipe EF. Berikut perbedaan lens mount EF dan EF-S.

Untitled3

Yang kiri adalah lens mount Canon 600D [cropped-frame DSLR], cirinya ada tanda kotak putih di lens mount nya. Sedangkan yang kanan, punya 5D [full-frame DSLR], doi cuma punya satu tanda, yaitu bulatan kecil berwarna merah.

Sedangkan lensanya, cekidot..

EF-vs-EF-S-mounts

http://forums.photographyreview.com/nature-wildlife/extension-tubes-full-disclosure-21833-4.html

Yang kiri adalah lensa EF, dan yang kanan lensa EF-S.
Get the sign? 5D yang tandanya bulatan kecil warna merah mosok mau dijejeli lensa yang tandanya kotak putih.. Hadeeh :capede
Mungkin pake extension tube [adaptor] kali ya? Eh, tapi kan di iklan itu gak dicantumkan ada adaptor lensa di paket pembeliannya..

Dari sini, ane ambil beberapa kesimpulan. Berikut daftarnya..

1. Iklan tersebut kemungkinan tipu-tipu.
2. Canon 5D gak bisa dipasangin lensa EF-S, kecuali pake aksesoris tambahan.
3. Tokobagshit kurang selektif dalam memilih iklan.
4. Sekarang jaman edan πŸ˜€

Oh iya, kenapa ane dari tadi nyebut Tokobag*s dengan Tokobagshit? Itu karena ane adalah salah satu anggota orkes sakit hati yang sakit hati karena Tokobagshit. Ane masang iklan bener-bener eh dibilang gak sesuai sama deskripsi. Yang jual masjid, bayi, sama iklan palsu malah lolos *wtf

Kesimpulannya, berhati-hatilah dalam belanja online, jangan tergiur sama harga murah, khususnya buat barang elektronik πŸ™‚

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN!

Sampah ini dibuat bukan untuk menghancurkan bisinis suatu pihak, melainkan bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dalam berbelanja online.
Jaman wis akhir, jaman wis akhir, bumine goyaah *syalalalalaa

Advertisements

3 responses to “Jaman Edan, Tukang Tipu Berkeliaran

  1. jaman skg udah gak mikir panjang bg, yang masuk jangkaun pasti di sikat dah abis-abisan πŸ˜€ heheeh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s