Uji Konsumsi Supra X 125 PGM-FI

Menepati janji ane di post sebelumnya, kali ini ane mau sharing tentang hasil pengujian konsumsi bahan bakar Supra X 125 PGM-FI lahiran tahun 2006. Sebelumnya ane juga pernah bikin sampah tentang konsumsi SuSi dari Banjarnegara ke Dieng pulang pergi. Sampahnya bisa diliat disini.

Di uji konsumsi Banjarnegara-Dieng, tercatat SuSi butuh minum 1 liter bensin buat jalan sejauh 42,6 km. Nah, di kesempatan pulang kampung beberapa waktu yang lalu ane juga melakukan tes serupa. Tujuannya simple, buat ngukur konsumsi BBM SuSi secara lebih mendetail.

Sebelum menyimak tulisan geje ini, ndoro semua perlu tau. Uji konsumsi ini dibagi menjadi beberapa stage. Tujuannya buat mempermudah penghitungan. Kecepatan pas jalan rata-rata cuma 70-80 km/jam, kondisi motor standar dengan rider berpostur unyu minimalis. Let’s go!

Stage 1 [Banjarnegara-Bedono]

stage 1

Sore hari sebelum berangkat, ane isi full dulu di SPBU di Banjarnegara. Cukup bayar 9000 tangki udah penuh. Mengingat premium harganya 4500, berarti kan ane isi 2 liter tuh.. Bensin 2 liter dihabiskan dalam jarak sejauh 97,6 km [lihat gambar]. Berarti konsumsinya 97,6 dibagi 2, hasilnya yaitu 48,8 km/liter

Oke, stage 1 terlewati. Ngacir lagi..

Stage 2 [Bedono-Wonogiri Kota]

Di Bedono, ane isi lagi 8500 rupiing. Itu udah full sampe menyentuh bibir Julia Perez tangki. 8500 : 4500 = 1,89.

stage 2

Sampe Wonogiri Kota, tercatat angka di odometer adalah 33.608,3. Berarti jarak antara Bedono sampe Wonogiri Kota adalah 120,2. Ngitung konsumsinya juga gampang aja, 120,2 dibagi 1,89. Hasilnya 63,6 km/liter! WOW!! Ane gak tau apa yang bikin perbedaan konsumsinya sangat signifikan. Mungkin pengaruh jalan yang mendatar dan kebiasaan stop and go yang ditinggalkan karena jalan Bedono-Salatiga-Kartasura-Sukoharjo-Wonogiri nyaris tanpa hambatan.
Lanjuut..!!

Stage 3 [Wonogiri Kota-Rumah-Ngadirojo]

Ada sedikit yang berbeda di penulisan sub-judul diatas. Ane tulis Wonogiri-rumah-Ngadirojo, itu karena setelah ane isi bensin full tank di Wonogiri Kota, motor ane pake di rumah simbah buat muter-muter, nganterin simbah ke pasar, dan kegiatan lain yang cukup ora wangun.

stage 3Lagi-lagi ane isi 8500 [1,89 liter]. Bensin sebanyak 1,89 liter ini bertahan sampe ane ngisi lagi di SPBU di Ngadirojo pas pulangnya. Jarak tempuh Wonogiri Kota sampe Ngadirojo adalah 98,8 km. INGAT! Jarak segitu adalah jarak yang dihasilkan setelah ane stay 2 hari di rumah simbah, dengan berbagai macam aktivitas yang pake motor ini juga. Halah ketimbang mumet langsung aja, 98,8 : 1,89 = 52,3 km/liter. Loh kok turun lagi? Mbok ben, emang begini adanya 😀

Stage 4 (Ngadirojo-Bedono)

Stage 4 ini adalah perjalanan waktu ane pulang. Mampir di SPBU di Ngadirojo, disambut sama bapak bapak antik yang bikin ane agak ilfil. Tanya kenapa? Boro-boro ngasih 3S, bilang “dari nol ya..” aja enggak. Yowes lah, mungkin si bapak lagi bad mood atau lagi males menjalankan standar operasi pelayanan di SPBU milik Pertamina.

stage 4

Ngisi 8000 atau 1,78 liter. That’s ’nuff for refilling the tank.
131,8 : 1,78 = 74 km/liter! Wueedyan! Lagi-lagi ane dikejutkan sama hasil pengetesan. Dari 52,3 km/liter mak bedunduk jadi 74 km/liter! Entah apa yang salah.. Mungkin emang gitu kondisinya kali ya..

Nah, biar lebih fair, ane mau bikin rata-rata dari setiap stage.

48,8 + 63,6 + 52,3 + 74 = 238,7

238,7 / 4 = 59,675 km/liter

Setidaknya angka itu bisa dijadikan gambaran buat ane sendiri. Correct me if I’m salah ngitung 😀

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN!

4 responses to “Uji Konsumsi Supra X 125 PGM-FI

  1. Terimakasih, sharingnya bagus.
    Namun sedikit mengkoreksi cara perhitungannya, untuk pengisian BBM full tangki memang harus dilakukan sebelum berangkat, namun bukan menjadi pembagi jarak tempuh setelahnya. Contoh diatas:
    Jarak Banjarnegara – Bedono = 97,6 Km
    Pengisian BBM di Banjarnegara Full tangki harus dilakukan sebelum melakukan pengukuran namun jumlahnya tidak menjadi faktor bagi.
    Setelah sampai di Bedono dengan jarak tempuh 97,6 Km dilakukan pengisian BBM full tangki lagi sebesar Rp.8.500 atau 1,889 liter.
    Sehingga penggunaan BBM = 97,6 : 1,889 = 51,67 Km/lt. Demikian selanjutnya….
    Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

