As Old As Me (Yamaha RX-S 1994)

Menepati janji ane disini, bukan janji sehidup semati selalu bersama, ning janji buat crito babagan montor tua punya bapak. Sebuah Yamaha RX-S 1994 yang udah lama ndongkrok njuk disegarkan kembali lewat upgrade sektor kaki-kaki.

FYI, Yamaha RX-S ini masih seduluran sama keluarga RX, setau ane doi ini kakak iparnya RX King. Kan RX King punya kakak namanya RX-K tuh, nah si RX-S ini masih sodaraan sama ntuh RX-K.
Dibekali mesin 2 langkah 115 cc, motor ini termasuk bandel dengan power khas 2 tak.
Ane beberapa kali liat RX-S plat merah, kemungkinan ini motor juga pernah jadi motor dinas instansi pemerintahan. Tapi, kenyataannya RX-S ini kalah pamor sama RX King.
Berhubung masih sodaraan, beberapa part bisa kanibal dari RX King. Yang mau gedein kapasitas bisa dengan mudah ganti head pake punya RX King, mungkin cuma perlu penyesuaian dikit. Dari tampilan, RX-S sama RX King juga terbilang mirip, kecuali tangki RX-S yang agak membulat sama cover di bagian belakang motor.

1319627745_269682900_1-Yamaha-Rx-Special-selatanhttp://yanuarshirei-kan.blogspot.com/2013/01/sepeda-motor-yang-menjadi-legenda-di.html

Diatas adalah penampakan RX-S yang mendekati standar. Klo punya ane yang ini nih..

DSCF5889c

As you see it, tangki udah ganti punya RX King, spakbor depan pake punya Jupiter MX, lampu depan aftermarket, dan lampu belakang RX King. Sayangnya ane gak punya foto nih motor waktu masih cupu.

DSCF5876c

Motor ini ndongkrok di gudang setelah perannya sebagai kendaraan tempur ke pasar digantikan sama Astrea Grand yang sama-sama lansiran tahun 1994. Motor ini juga yang ngasih kesempatan ane buat belajar motor laki 🙂
Nah, setelah beberapa tahun bertahan dengan tampang asli, mulai deh ane make over nih motor di tahun 2007 or 2008, waktu ane masih SMP. Make overnya juga dikit-dikit, bongkar-pasang beberapa akseso, ganti beberapa parts dan lain-lain. Pokoknya yang murah deh, tau sendiri kan kantong anak SMP gimana 😀

Menginjak di usia yang ke 19 tahun (bukan muda lagi buat sebuah sepeda motor), nih motor dapet kesempatan upgrade kaki-kaki.
Bulan April kemaren belanja parts di Purwokerto. Gak banyak sih, cuma swing arm Supertrack, velg depan belakang dan antek-anteknya.

Buat roda depan, ane pilih velg Wilwood ukuran 2.15-17 yang dikancani ban FDR ukuran 90/80-17. Yang belakang Wilwood 2.50-17 dan dibalut ban FDR 100/80-17. Ban ukuran segitu termasuk lebar mengingat ukuran bodi RX-S yang cenderung ramping.

Photo-0120
Sengaja ane pilih ban lebar soale ane kurang suka sama ban cacing khas bocah bocah tengil yang sok kentjang. Mungkin udah agak nyrempet aliran touring kali yak, mengingat stang ane pakein stang punya Tiger Revo yang mungkin keliatan terlalu tinggi dan bagi beberapa orang keliatan wagu 😀
Wis ben, kafilah menggonggong, anjing berlalu.

DSCF5901 (2)
Oiya, di foto-foto diatas, nih motor gak pake spion lengkap, dan juga gak pake sein belakang. Please don’t be misunderstood, itu cuma buat keperluan photo session 🙂

Akhirul kalam, 2 strokes never dies!

One response to “As Old As Me (Yamaha RX-S 1994)

  1. Pingback: Akhir Era Sang Legenda | tiwulwonogiri

Leave a Reply

