Long Journey to Get an Education

Hari ini, Senin, 8 Juli 2013, Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi diumumkan. Ada yang seneng karena diterima, ada juga yang sedih karena ditolak. Easy wae nda, namanya juga seleksi. Pasti ada yang ditolak, ada yang diterima.
Sakjane udah kepikiran bikin postingan ini dari dulu, ning tak tunggu dulu sampe SBMPTN kelar.

Okay, so let’s the story flow.
Perjalanan panjang ini dimulai ketika pemerintah membuat sebuah kebijakan baru. Yaitu semua siswa kelas XII (yang memenuhi ketentuan pastinya) diikutkan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), termasuk ane. Klo gak salah inget, dulu mulai rubes-rubes sebelum Ujian Nasional, siswa-siswi disuruh ngumpulke tetek bengek yang diperlukan buat SNMPTN serta disuruh milih perguruan tinggi mana dan jurusan apa yang dikarepke.
Singkat kata, ane milih Agroteknologi sama Agribisnis Universitas Sebelas Maret (UNS). Nganyelke, ane gak lolos dua-duanya 😦

Kenapa ya Universitas Sebelas Maret disingkat UNS, bukan USM πŸ˜€

Ane milih UNS juga gak waton njeplak, ada beberapa pertimbangan yang bikin ane mantep di UNS. Diantaranya pergaulan, biaya hidup, sama keinginan orang tua.
The first is masalah pergaulan. Ane imannya tipis dab, dijaki ngidul melu ngidul, diajak ngalor melu ngalor, diajak ndugem melu-melu wae, diajak nyarkem wooh amit-amit, kasian calon bini ane ntar dapet bekasan πŸ˜€
Itulah sebabnya ane gak minat di Ngayogjokarto Hadiningrat, kota yang katanya udah mulai bergeser norma sosialnya. Walaupun sakjane biaya hidup di Jogja lebih murah daripada di Semarang sih..

Sebenernya gak semua orang Jogja kayak gitu sih.. Lagian masalah pergaulan kan kembali ke diri masing-masing.

Oke, dari Jogja kita menuju ke Semarang.

Semarang kaline banjir, jo sumelang ra dipikir…

Di Semarang pergaulan terbilang aman, ning biaya hidupnya sing ora nguati. Pengen juga sih sebenernya kuliah di UNDIP, nusul mbak itu tuh πŸ˜€

Opsi terakhir, Solo. The spirit of Java. Kota pelajar sekaligus kota yang jadi kota budaya di Jawa.
Masalah biaya hidup wis terkenal murahe, mangan 5000 perak wae bisa kenyang tur enak dab. Pergaulan yo [jarene] cukup terkendali lah..

Destinasi telah ditentukan, Solo.
Sekarang ke pertimbangan ketiga, yaitu keinginan orang tua. Orang tua pengen ane sekolah di perguruan tinggi negeri, nyari titel sarjana wis mbuh jurusan opo, sing penting sarjana! πŸ˜€
Pernah pengen masuk Teknik Mesin biar kaya Si Doel trus jadi tukang insinyur, tapi gak jadi. Takut keteteran karena pelajaran eksak ane nilainya tiarap.
Sempet juga ngelobby ortu biar dibolehin masuk Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, ngambil jurusan Fotografi. But, it’s nothing 😦

logo+spirit+of+javahttp://www.ipavoices.com/2011/10/11/solo-the-spirit-of-java/

Eh, mau wis tekan ngendi yo?
*tadi nyampe gagal lolos SNMPTN mas…

SNMPTN gagal, lanjut ke plan B. Ngikut SBMPTN alias tes tertulis.
Tapi sebelum ngikut tes SBMPTN ane bikin jaring pengaman dulu pake tes D3 di UNS. Jadi klo SBMPTN gak lolos ane udah ada pegangan dan gak jadi nganggur tentunya. Wis jan, penuh spekulasi tingkat tinggi pokoke ki..

Ikut ujian tulis D3 UNS, milih D3 Teknik Kimia sama Agribisnis Minat Hortikultura. Selama 3 hari berturut turut ane ngaspal terus. Hari pertama berangkat dari Banjarnegara menuju Wonogiri, nginep dulu di tempat simbah. Besoknya dari Wonogiri ke Solo. Sempat mengalami insiden srempetan di depan RS. Moewardi. Afu tenan! Nginep semalam di Palur, besok paginya langsung tes di Fakultas Pertanian UNS.
Ane di Solo gak sendirian, ada 3 temen dari Banjarnegara yang sama-sama daftar D3 UNS juga.

Siangnya abis tes, makan soto dulu di daerah Sekarpace, langsung cabut ke Wonogiri lagi. Dari Wonogiri besoknya melesat lagi ke Banjarnegara. Waduh, tuwo neng ndalan ki -_-

Selang 4 hari dari tes D3, ane harus tes SBMPTN.
Ane milih lokasi tes di Purwokerto, ben cedak omah. Dapat jatah tes di SMKN 1 Purwokerto. Ndilalah boleh nunut ngiyup di tempat sodara temenku *sembah Dendi*
Karena tesnya 2 hari, ane disini 2 hari 3 malam. Banyak becandanya daripada seriusnya. Maklum, banyak juga anak-anak Banjarnegara yang tes disini.

Baik soal tes D3 maupun SBMPTN, menurut ane semua masuk kategori susah sesusah susahnya soal susah. Soal UN aja gak sampe kayak gitu -_-
Ane bukannya mau nakut nakutin yang besok mau masuk ikut SBMPTN or ujian masuk D3 UNS, cuma mau ngingetin biar lebih banyak aja belajarnya gitu πŸ™‚

Oh iya, buat SBMPTN nya, ane milih 3 jurusan. Pertama, Agroteknologi UNS, trus Penyuluhan Komunikasi Pertanian UNS, dan yang terakhir Agroteknologi UNDIP.
Dan diantara ketiga pilihan itu gak ada satupun yang lolos 😦
Entah saking begonya, apa karena ane salah strategi, apa karena ane lagi kurang hoki.. Yah emang sih, buat SBMPTN kemarin usaha ane kurang..

Alhamdulilah, Allah masih ngebuka jalan ane buat belajar lagi. Ane diterima di D3 Agribisnis UNS. Padahal ane berharap banget yang diterima Teknik Kimia nya. Tapi yowes lah, sukuri aja. Masih banyak anak diluar sana yang belum bisa sekolah.

slide-okeuns.ac.id

Here I am, in the city called Spirit of Java. Lalu lintas cukup sembrono jika dibandingkan sama Banjarnegara. Maklum lah, wong ndeso, belum bisa adaptasi sama lalu lintas di Solo.
Dari sebuah kota kecil yang bisa dibilang cukup sepi, ujug-ujug dateng di kota besar yang ramene ra kaprah. Lingak-linguk, bingung, kaget, dan perasaan lain yang cukup ndesani dan ra wangun.
Buat bisa adaptasi, itu butuh proses. Sama seperti kita yang sedang berproses to get an education

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN!

PS: Maaf klo kepanjangan, judulnya aja Long Journey πŸ˜€

Leave a Reply

