Peran Bassist, Pentingkah?

Tebak guys, siapa yang paling jadi perhatian dalam sebuah band?
Klo ane bilang sih pertama vokalis, trus gitaris. Mungkin karena vokalisnya punya suara dewa, atau cakep mungkin. Trus gitarisnya bisa shredding sekalian ganti senar yang putus pada saat yang bersamaan. Selain itu, dua manusia ini cenderung jadi ikon utowo frontliner di band mereka. Ini bisa dibuktikan klo kita ngeliat Ungu dengan Pasha sama Enda-nya. Liat juga Noah dengan Ariel dan Lukman-nya.

So where the bassist is?!

Mari kita memandang lewat kacamata seorang bassist amatir.
Disadari po ora, peran bassist di Indonesia kurang diperhatikan. Mereka cuma dianggap sebagai pelengkap, seolah-olah  ‘lu enggak dateng juga enggak masalah’

Miris!

tetsu larukuhttp://profile.ameba.jp/sekai-kamisama/

Baru sedikit band di Indonesia yang ‘kedengeran’ sound bassnya. Beberapa diantaranya The Changcuters, Bondan F2B, J-Rocks, sama Dewa 19. Sebenernya banyak juga sih, cuman masih kalah banyak sama band-band yang memakai bassistnya secara amoral 😀
*maksudnya bassnya gak ‘kedengeran’ gitu.

Dan entah kenapa, band-band yang bassnya gak kedengeran itu justru menguasai panggung Indonesia. Sedangkan yang punya bass line asik semisal Gugun Blues Shelter, Barry Likumahuwa Project, dan Endah ‘N Rhesa cuma dikenal beberapa gelintir orang.

Ironic!

Dan entah kenapa juga kebanyakan band yang gak kedengeran bassnya itu bergenre pop. Seolah-olah ada tradisi klo di genre pop itu bass gak terlalu penting. Mungkin emang tuntutan produsernya gitu kali.. Kasian juga tuh bassistnya, dipaksa jadi ‘pelengkap’. Sabar ya nak..

Buat ane, bassist itu aktor dibalik layar. Dia mimpin sebuah band tanpa banyak orang yang tau keberadaannya. Bahkan kurang diketahui perannya. Coba bayangin aja, sebuah band tanpa bassist, it’s feels so empty man! Enggak ada ‘jembatan’ antara rhythm section sama melodic section. Ya, bassist itu jembatan. Dia seharusnya bisa ngasih beat sekaligus menghasilkan nada. Malah di beberapa genre, bass gak cuma sebagai penjaga groove. Tapi udah lari ke arah melodic section dengan ngasih suara suara bass yang lebih mirip rhythm guitar. *sembah John Myung
Beberapa genre juga mengangkat bass sebagai instrumen utama. Misalnya Funk, Reggae, Jazz, sama J-Rock.
J-Rock sama J-Rocks beda loh, liat disini

Betewe, itu foto yang diatas tuh fotonya Tetsu L’arc En Ciel. Mbeliyo adalah seorang bassist ora wangun yang bisa bikin 5 strings bass serasa jadi lead guitar.

Eits, tapi jangan buru-buru menjudge bassist band pop yang bassnya monoton itu punya skill pas pasan. Mungkin itu emang tuntutan dari rekan-rekan bandnya. Mungkin mikirnya gini: “Klo pake bassline standar aja udah cukup kenapa harus lari-lari?”

Nyatanya emang banyak band luar yang pake bassline standar musiknya udah cukup enak didenger.
Oh iya, yang ane maksud bassline standar tuh si bassist cuma ngikutin progresi chord dari gitarisnya aja. Gitaris main kunci G, bassistnya ikut-ikutan, tanpa banyak improvisasi. Dengerin aja lagunya Zivilia yang judulnya Aishiteru, Armada dengan Pemilik Hati-nya, sama lagunya Peterpan (sekarang Noah coy) yang judulnya Bagai Bintang Di Surga.

Tapi apapun alasannya, musik itu subyektif. Enggak ada batasan yang jelas seorang musisi bisa dikatakan bagus atau jelek, monoton atau dinamis, semua dinilai oleh penikmat musik itu sendiri.

Ane bukanlah seorang bassist yang punya sejuta lick lick keren dan improvisasi menawan, nyatanya ane cuma bassist yang punya jam terbang rendah dan merasa perlu mengungkapkan keprihatinan atas image bassist yang cenderung dianggap sebagai pelengkap. *Ceileeh

Apapun musik ente, do it at your best shot!

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s