Tips Mudik Anti-Mainstream

Mungkin mudik emang masih cukup lama, ning nggak ada salahnya to klo ane berbagi tips mudik dari ane yang dijamin anti-mainstream, karena yang mainstream udah banyak ditulis di situ-situs lain.

Tips ini based on my own experience, pake roda dua tentunya. Karena ane belum pernah mudik pake transportasi umum πŸ˜€

Sebelumnya, segala hal buruk dan mengerikan yang mungkin terjadi klo ente mengikuti tips ini, bukan merupakan tanggung jawab ane. So, use it at your own risk! πŸ˜›

mother of penumpanghttp://sosbud.kompasiana.com/2011/08/22/orang-betawi-mudik-ke-mana-388684.html

Oke, ini dia…

1. Persiapan cuy, persiapan!

Ini mungkin terdengar mainstream. Tapi semuanya emang butuh persiapan.
Siapin kendaraan ente buat berjuang keras ngangkut anak-bini ente. Mungkin sedikit perawatan kendaraan sebelum dipake mudik akan menjadi something nice to do. Yah minimal servis ringan deh, sukur-sukur nek sisan ganti oli. Ini berlaku buat ente yang bakalan menempuh jarak diatas 250 km. Ning klo jaraknya cuma 30 meter dari rumah njuk mau melakukan step ini, sah-sah saja.

2. Bawa bekal dari rumah

Bawa bekal seperlunya aja. Misalnya minuman sama makanan ringan [krupuk?]. Yang doyan energy drink ya monggo dibawa itu Kratingdoang nya. Mungkin banyak yang lebih milih beli di jalan daripada bawa dari rumah, tapi ingat, ini anti-mainstream bro! πŸ˜€
Ane sendiri lebih suka bawa bekal dari rumah. Klo haus tinggal berhenti sebentar trus minum, gak nyampe satu menit hausnya ilang.
Oiya, gak perlu bawa ransum tentara. Kita mau mudik, bukan mau ngelawan itu orang kumpeni. Klo laper cari rumah makan yang keliatannya agak rame, berhenti, trus makan disitu. Kecuali klo ente punya kemampuan pegang handle kopling sambil makan nasi rendang.

3. Aktifkan internet!

Ini khusus yang gak bisa lepas dari dunia maya.
Apapun gadgetnya, minumnya teh sosor bodol pastikan jaringan internet selalu ada. Mungkin buat sekedar check-in di Foursquare, atau update status “C4pek b4ng3d muDiK d4Ri anY3r sAmp4i p4NaRuK4n, uDagh k4ya j4maN da3nDeL5 ajj4h”

Gunakan internet dengan bijak! Jangan sampe twitter ente di unfollow banyak orang karena ente bikin TL mereka penuh gara-gara ente ngetweet tiap ngelewatin kantor kelurahan.

4. Capture your moment!

Kali ini khusus buat yang doyan narsis.
Ban ente bocor? Ini saat yang tepat buat menepi sejenak, foto narsis, trus upload ke akun Instagram ente. Klo ada kambing beranak di jalan boleh juga tuh dijadiin dokumentasi.

Kamera poket adalah pilihan yang paling tepat klo ente butuh gambar dengan kualitas lumayan. Klo pengen lebih bagus bisa bawa DSLR sekalian lensa 200 mm buat foto candid orang yang buang air sembarangan. Jangan lupa lightning kit berupa umbrella dan antek-anteknya, tripod, sama pengantinnya dibawa juga sekalian. \

5. Don’t be too “ngoyo”

Nggak usah maksa cepet sampe deh.. Toh klo kita telat sampe kampung gak bakalan di suruh berdiri sambil hormat ngadep tiang bendera. Iya kan?
Banyak pemudik yang terlalu ngoyo pengen cepet sampe rumah. Akibatnya mereka jadi ugal-ugalan, pecicilan, yak-yakan, or whatever you say. Banyak juga yang maksa kondisi tubuh mereka sendiri buat ngelewatin batas. Selain jadi ugal-ugalan, biasanya bikin cepet naik darah plus ora sabaran. Liat lampu ijo dikit langsung klakson. NEK ORA SABAR MABURO SU! Ane paling jeleh klo nemu pengendara beginian. Liat lampu ijo udah kayak Need for Speed aja, pengen cepet-cepet start gek ndang mencapai finish line.

Selow wae masberoo, nikmati perjalanannya. Mudik emang menguras tenaga dan kesabaran, tapi disinilah ‘gregetnya’
Nek capek yo istirahat, luwe yo madhang, ngelak yo minum. Klo nafsu? Silakan jawab sendiri.

6. Pilih lokasi buat istirahat.

Poin ini masih nyenggol poin kelima diatas.
Nek capek yo istirahat. Masalahe yo mas dab, belum tentu semua tempat enak dijadikan tempat istirahat. Saran ane sih cari tempat yang rame, misalnya di emperan toko swalayan. Kan enak tuh sambil klekaran. Siapa tau dikasih duit receh sama pengunjung lain.

Tapi ini ciyus loh, menurut ane tempat yang paling enak buat istirahat ya di depan swalayan. Nek di SPBU kan gak boleh ngudud masberoo..

Jangan pilih tempat remang-remang sekalipun ente mudik bareng pasangan sah ente. Agar tiada pitnah diantara kita πŸ™‚

7. Misuhlah sebelum engkau dipisuhi.

Karena yang mudik bukan cuma ente doang, enggak menutup kemungkinan banyak juga yang bertindak sak penak wudele dhewe. Serong kanan serong kiri, main serong wa a a a aseek. Masuk jalur seenak jidat, dll.

Saat-saat seperti inilah yang membutuhkan kesabaran ekstra. Ketika kesabaran habis, misuho. Niscaya hatimu akan lega. Mungkin sedikit kata-kata indah seperti [censored], [sensor lagi], [buset sensor lagi], dan [sensor] akan membuat semua lebih baik.

Perlu diperhatikan bahwasanya misuh juga butuh keterampilan dalam pengaplikasiannya. Jangan sampe ada anak kecil yang denger klo ente gak pengen masa depan mereka suram nantinya.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan. Apabila ada lebihnya semata-mata datangnya dari Allah SWT., dan apabila terdapat kekurangan maka itu sebenarnya perlu ditambah. Sekian.

IT’S PROUD TO BE WONOGIREN!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s