Seal Klep Oh Seal Klep…

Beberapa hari yang lalu, ane niatnya ganti oli SuSi yang udah lumayan lama gak ganti oli.. Niat doang, karena akhirnya niat ganti oli itu berubah jadi niat ganti oli plus ganti seal klep.

Dadi ceritane kaya kiye..
SuSi udah lumayan lama enggak ganti oli, mungkin hampir 2 bulan. Selama 2 bulan itu, SuSi ane pake buat pulang ke Banjarnegara sebanyak 2 kali. Sampe menit terakhir sebelum SuSi ganti oli, ini motor masih enak dibawa jalan, mindah gigi juga masih halus. Tapi akhirnya tetep ane ganti tuh oli berhubung ane ini orangnya care B-)

Sekedar gambaran mengenai keuangan, saat itu dompet ane lagi masa-masa kritis. Akun kas menunjukkan jumlah uang kira-kira cuma cukup buat keperluan sehari-hari sampe suplai dana turun dari pusat *halah* serta ditambah beberapa ribu rupiah yang rencananya mau ane pake buat pendaftaran acara training yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan ane.

Singkat kata, langsung deh ane ngesot ke bengkel deket kampus. Minta mekaniknya buat ngeganti oli SuSi. Tapi surprise datang disaat yang tidak tepat, oli bekas yang keluar dari mesin tinggal 3/4. Bener-bener surprise.

Ane sih enggak kaget ngeliat oli yang keluar cuma 3/4 bagian, menurut ane itu masih normal. Toh selama ini SuSi juga enggak menunjukkan gejala rewel ataupun minta jajan. Yang bikin kaget itu pas mekaniknya nyaranin ganti seal klep.

telanjang
Sadar diri dengan kondisi keuangan ane, ane langsung berpikir sejenak mempertimbangkan apakah mau langsung diganti apa tetep nekat bawa SuSi dengan kondisi seal klep yang *katanya* harus diganti sampe kiriman uang dateng.

Ane putuskan buat langsung ngeganti seal klep nya walaupun gejala kerusakan seal klep seperti knalpot ngebul itu enggak ada. Pertimbangannya gini, klo ane ganti besok-besok, enggak ganti seal klep nya juga tetep bongkar mesin karena ane butuh info seberapa parah seal klep nya, biar ane bisa bikin perkiraan sisa umur seal klep tersebut. Toh tetep bayar ongkos bongkar mesin ditambah beli gasket baru. Belum lagi klo diganti besok harus ada ritual kuras oli, masa iya baru beberapa hari ganti oli udah ganti oli lagi gara-gara pengurasan.

Akhirnya SuSi selesai juga dioperasi. Selama proses servis, ane kurang memerhatikan diapain aja tuh motor, ane lebih sibuk bales sms sama baca koran. Dan tibalah saat mbayar membayar. Ongkos total yang harus ane bayar sebesar 100 ribu. Pas, enggak kurang, enggak lebih. Karena mekaniknya bilang dipasin aja ongkosnya. Disinilah yang bikin ane kepikiran sampe saat post ini dibuat. Perasaan ane cuma ganti oli (itu pake oli sendiri, bukan beli di bengkel), bongkar blok mesin, ganti seal klep 2 biji (intake sama exhaust nya minta ganti semua), sama ganti gasket doang. Udah itu aja, enggak nambah telor ataupun krupuk, kok ya bisa sampe abis 100 ribu yah.. Dan tololnya ane lupa enggak minta nota ataupun sekedar orek-orekan. Ane sendiri enggak tau persis harga tiap part yang diganti, mungkin mahal di ongkos jasa kali yah..

Entahlah, yang jelas abis diservis, SuSi makin enak dibawa ngacir. Entah itu efek penggantian seal klep *opo ngaruh to?* atau karena deposit karbon di ruang bakar dibersihin sekalian tadi atau karena abis ganti oli. Klo misalnya tarif servis yang dipasang mekanik itu terlalu tinggi, yaudah ane bisa apa. Kan itu strategi usahanya dia. Tapi klo ane ternyata abis dikibulin, biarin deh, nyoba ikhlas aja, toh #GustiAllahMbotenSare

Dan akhirnya, ane ngutang ke seksi Bendahara Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan biar tetep bisa ikut training tapi bayar belakangan 😀

2 responses to “Seal Klep Oh Seal Klep…

Leave a Reply

