Do It Yourself: Cajon Boongan (Bag. 2)

Melanjutkan postingan ane kemarin disini, yaitu tentang project pekok ane membuat cajon.

Nah, sebelum adanya revisi snappy, jarak snappy ke permukaan tapa tadinya 1,5 cm. Jarak segitu emang masih memungkinkan snappy nyentuh permukaan tapa, tapi menurut ane suara yang dihasilkan kurang responsif, perlu dipukul agak keras biar suara khas snare-nya keluar. Ane nyoba alternatif lain, yaitu mendekatkan snappy ke tapa. Jarak yang tadinya 1,5 cm ane perkecil jadi o,5 cm. Hasilnya? Hanya dengan ketukan ringan snappy udah bergetar, suara snare semakin jelas.

hasil revisiCoba perhatikan dan bandingkan sama gambar di post sebelumnya.

Klo ngomongin tentang suara keseluruhan, ane cukup puas sama suara yang dihasilkan. Enggak beda jauh sama cajon yang pernah ane coba di sebuah toko alat musik. Suara kick-nya juga lumayan mantep. Cuma masalahnya, klo dipukul di sepertiga bagian atas, suara kick yang muncul enggak pure suara kick, ada sedikit suara snare akibat snappy yang ikut bergetar. Tapi enggak terlalu masalah sebenernya, mengingat suara kick yang bener-bener bersih pun masih bisa dihasilkan lewat pemukulan di area tengah agak kebawah dikit.

Sekarang ngomongin duit. Berapa sih duit yang ane habiskan buat project ini? Cuma 63.000 kethip saja pemirsahh! Rinciannya, 39.000 buat beli snappy ukuran 12 inch (yang 14 inch harganya sama aja sih sebenernya), 12.000 buat beli gergaji yang dipake buat bikin lingkaran, 5.000 buat beli cutter, dan 5.000 buat beli 50 buah sekrup. dan 2.000 buat beli 4 buah karet kaki kursi. Cost yang cukup sedikit ini jelas disebabkan ane enggak beli bahan utamanya, yaitu triplek.

Itu tadi itung-itungan ane yang notabene enggak beli triplek, sekarang ane coba hitung klo misalnya ane beli tripleknya juga. Oiya harga ini cuma perkiraan yang ane dapet hasil browsing yah, jadi masih bisa kurang atau lebih.

Triplek 12 mm (1 lembar) 140.000
Triplek 3 mm (1 lembar) 35.000
Snappy 12 inch (1 unit) 39.000
Karet kaki kursi (4 unit) 2.000
Sekrup (50 biji) 5.000
Kayu reng (1 batang) 20.000
Lem kayu (1 bungkus 350 gram) 7.000
Cat semprot (1 kaleng) 25.000

Hasilnya 273.000 rupiah. Ane enggak menghitung alat yang dibutuhkan karena ane asumsikan alatnya udah punya atau bisa pinjem tetangga 😀

Tapi yang perlu diingat adalah selembar triplek 12 mm mungkin bisa dipake buat bikin 2 buah cajon dan selembar triplek 3 mm bisa dipake buat bikin banyak cajon. So, mungkin klo patungan bisa lebih murah jatuhnya 😀

Kayaknya itu doang yang bisa ane share, maaf klo penjelasannya kurang lengkap atau susah dipahami. Just comment klo ada yang perlu ditanyakan, sebisanya ane bantu 🙂

Keep making noise, guys!

One response to “Do It Yourself: Cajon Boongan (Bag. 2)

  1. Pingback: Do It Yourself: Cajon Boongan | tiwulwonogiri

Leave a Reply

