Praja Muda Karana

Praja Muda Karana, tentunya udah enggak asing bagi ndoro-ndoro sekalian terutama buat yang pernah makan bangku sekolah. Entah dimakan mentah sebagai lalap ataupun digoreng terlebih dahulu dan dicocol sambel terasi 😀

Anak muda yang suka berkarya, kurang lebih begitu artinya. Biasanya sih disingkat Pramuka gitu, tau deh klo di Jogja dan Soloraya, mungkin disebut Pramuko *ah elaah

Selalu ada kisah manis antara ane sama kegiatan pramuka, walaupun ane gak pernah ikut yang namanya organisasi pramuka di sekolah. Baru kemarin malam, ane dateng ke sebuah event rutin pramuka di sekolah ane, yaitu Penerimaan Tamu Ambalan. Event ini biasa diadakan menyusul adanya Masa Orientasi Siswa (MOS), otomatis schedule-nya ada di awal tahun ajaran. Nah berhubung lagi libur kuliah dan belum balik ke Solo, ane putuskan buat dateng, ya sekedar silaturahmi sama nostalgiaan gitu deh..

pramukaItu foto waktu anak-anak SMAN 1 Bawang, Banjarnegara, bikin pioneering. Foto itu diambil tahun 2012, entah pas event apa.

Dulu, ane berpikiran sama kayak mayoritas anak di sekolah ane yang menganggap pramuka itu ngebosenin, enggak asik, dll. Sampai suatu saat, semua pemikiran ane berubah karena satu orang, satu orang yang bikin ane ngerasa beruntung pernah bertemu sama dia.

Ane pacaran sama anak pramuka.

What Tje Fuk?! Ane yang dulunya dikenal sebagai aktivis GAPRA (Gerakan Anti Pramuka) garis keras, yang dikenal aktif mengajak dan memprovokasi anak-anak lain buat enggak ikut ekskul wajib pramuka tiap hari Jumat, tiba-tiba berubah 180 derajat dan memilih menjalin hubungan dengan seorang anak anggota Dewan Ambalan *tsaahh

Semua dimulai di tahun 2010. Kelas X semester I, saat itu semua peserta didik kelas X wajib mengikuti ekskul pramuka. Ane yang ogah-ogahan ikut pramuka biasanya hari Jumat sepulang sekolah enggak langsung pulang ke rumah, tapi main dulu di sekolahan, sambil nunggu sholat Jumat. Abis sholat Jumat, tepatnya jam 1 siang biasanya ekskul pramuka dimulai. Kakak-kakak Dewan Ambalan masuk ke kelas-kelas buat ngajakin anak-anak ke lapangan buat persiapan apel pembukaan. Ane bareng komplotan ane sesama GAPRA langsung ke parkiran, nongkrong bentar kira-kira 10 menitan trus gas bareng-bareng buat pulang ke rumah masing-masing tanpa menghiraukan teriakan kakak-kakak Dewan Ambalan yang mungkin udah gedeg setengah mampus ngeliat tingkah ane dan kawan-kawan.

Tapi itu dulu, sebelum negara api menyerang. Beberapa minggu sebelum ‘musim’ pramuka selesai, ane positif pacaran sama anggota Dewan Ambalan. Sempet nyesel juga kenapa enggak dari dulu dateng ke ekskul pramuka rutin tiap minggu, kan bisa liat doi, ketemu doi, sepik-sepik sama say hello dikit sambil ngeliatin wajahnya yang bikin cuaca Jumat siang yang panas itu sedikit mereda.

Sejak saat itu ane terbilang rajin ngikutin event-event pramuka walaupun posisi ane bukan sebagai anggota Dewan Ambalan. Bahkan setelah kami putus sekalipun, sampe sekarang, ane masih juga nyempetin dateng ke event-event semacam itu. Emang sih sekarang udah gak bisa sebebas dulu waktu masih sekolah, terakhir sebelum event PTA kemarin ane dateng juga karena kebetulan ane lagi pulang ke Banjarnegara.

Terlalu manis, untuk dilupakan.. Kenangan yang indah bersamamu, tinggallah mimpi.. – Terlalu Manis (Slank).

Dan kemarin malam itu sesuatu banget buat ane. Ane kembali bertemu sama doi yang udah beberapa bulan, mungkin hampir satu tahun, enggak pernah ane liat. Kami berdiri berdampingan di sekitar api unggun, trus duduk dan ngobrol santai casciscus di bawah sinar bulan yang waktu itu emang cukup terang.

Terserah klo situ nganggep postingan ini berbau bocah, ngalay, dan lain-lain. Ini cuma postingan wagu yang ane bikin buat ngeluarin isi pikiran setelah semalem enggak tidur, setelah semalem nostalgiaan bareng (mantannya).

One response to “Praja Muda Karana

  1. You post interesting posts here. Your page deserves much more visitors.
    It can go viral if you give it initial boost, i know very
    useful service that can help you, simply search in google: svetsern traffic
    tips

Leave a Reply

