Fungsional dan Gaya!

Tau kain iket kan? Kain yang motifnya batik itu loh, di Bali juga ada, tapi as far as I know yang di Bali rata-rata warnanya putih. Dulu mungkin kain ini cuma bisa dipake buat ikat kepala, yaa semacam bandana gitu deh.. Tapi sekarang kain iket juga banyak dipake buat slayer penutup hidung atau leher, terutama biker pada umumnya dan klub-klub CB dan Tiger pada khususnya. Ga tau siapa yang pertama kali mempopulerkannya, tapi yang jelas kain iket yang dipake anggota klub itu identik sama klub CB dan Tiger, yah walaupun ga menutup kemungkinan klub-klub lain juga pake karena fungsi dan estetikanya.

Saya sebenernya udah lama pake kain iket sebagai atribut riding saya, menggantikan slayer konvensional yang ukurannya lebih kecil. Dapet beli di Pasar Klewer klo ga salah harga 15 ribu 😀

iket

Itu foto saya sendiri beberapa waktu yang lalu. Matching ga tuh? 😀

Seneng aja liat itu kain berkibar-kibar kayak umbul-umbul agustusan pas lagi dipake jalan. Terutama klo yang pake itu rombongan mas-mas Tiger yang motornya udah galak-galak, makin sangar bray!

Alasan saya pake ya pertama sih alasan fungsi. Sebelum pake kain iket, saya udah pake slayer kayak punya Gundul yang ngebawain acara Jejak si Gondrong di Trans7. Tiap kali jalan Solo-Banjarnegara atau sebaliknya, saya ngelewatin daerah pegunungan dua kali loh, di daerah Getasan, Magelang sama di Parakan, Temanggung. Kan dingin tuh, kadang risih aja klo ada angin masuk ke dada, geli-geli dingin kayak kemoceng direndem air es.

Alasan kedua, estetika. Seperti yang udah saya jelasin di atas tadi, menurut saya nih, klo pake iket tuh jadi sangar. Ya kali aja dengan saya pake iket tenaga motor saya jadi ikutan sangar, naik 2 hp juga udah cukup *abaikan

Gara-gara terinspirasi saya, temen saya sampe ikutan sesat loh, doi nitip dibeliin kain iket. Kita pake bareng ke acara Dieng Culture Festival kemarin, dan jadilah kami Iketers cabang Jateng-DIY *iki opo?

Klo dibilang berusaha melestarikan budaya dengan pake iket, jujur saya sih sebenernya ga punya niat kesitu, tapi klo ternyata dengan pake iket secara tidak langsung saya juga melestarikan budaya ya gapapa, malah bagus tuh.

Salam leher hangat dari kami, para Iketers 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s