Ganti Lampu Speedometer Honda Tiger

Dua bulan ga update euyy.. Kesibukan di sawah memaksa saya meninggalkan aktivitas blogging untuk sementara, dan sekarang saya melakukan aksi come back dengan menulis sebuah tulisan ringan berisi pengalaman saya mengganti bohlam lampu speedometer SiTi yang udah tewas. Udah lama sih tuh bohlam mati, tapi baru minggu kemarin sempet saya benerin karena saya ga peduli amat sama lampu speedometer 😀

bohlam matiLiat tuh, lampu indikator netral sama lampu di bagian tachometer masih nyala, sedangkan yang di bagian speedo ga ada tanda-tanda kehidupan.

Sebenernya cara menggantinya cukup mudah. Saking mudahnya, saya yang cuma modal sotoy aja bisa 😀 Klo disuruh kasih level kesulitan, saya kasih level Novice dah..

Oke, pertama lepas speedo dari dudukannya pake kunci bintang, ukurannya sama kayak yang dipake buat ngelepas baut kaliper rem, klo ga salah ukuran 6. Setelah terlepas, itu baut bintang disimpen dulu, jangan dimakan.

Buka penutup luar di bagian bawah speedometer pake obeng plus, ada berapa baut saya lupa, yang penting lepasin aja semua, klo ada beban di hati, sekalian lepasin juga. Nah kelar ngelepas penutup luar, ntar nongol tuh speedo bagian dalemnya, biasanya warnanya sih putih, tau juga klo speedometer situ rutin pake ekstrak sirih, mungkin keputihannya ilang.

Di bagian dalam yang warnanya putih itu ada beberapa kabel yang berujung pada fitting tempat bohlam. Cabut fitting bohlam yang mau diganti. Niat awal mau saya ganti bohlamnya pake lampu led yang warna warni kayak odong-odong, berhubung di toko adanya bohlam biasa, yaudah deh saya pake yang biasa aja. Harganya 1000 rupiah doang, selisih jauh sama lampu led yang nyampe belasan ribu sepasangnya. Oh iya, namanya bohlam senja yak, jangan keliru beli bohlam lampu taman.

fitting lampu

Kelar diganti, pasang lagi. Tutup speedometer seperti semula, pasang kembali ke alamnya.

Selesai.

Leave a Reply

