Bye Butiran Air

Kemarin sebelum saya balik ke Solo, saya menyempatkan melakukan sebuah ritual yang ga biasanya saya lakukan. Apa itu? Monggo disimak.

Musim hujan datang, berkah bagi sebagian besar orang, tapi ga sedikit juga yang dibikin jengkel sampe bikin status di medsos. Ujan salah, panas juga salah, maunya apaa? šŸ˜€

Hujan kadang dianggap masalah buat para biker yang sedang melakukan perjalanan, ada yang milih berhenti total, ada juga yang memilih tetep jalan alon-alon waton kelakon. Klo saya pribadi lebih milih opsi kedua, pake jas hujan, trus lanjut gass lagi dengan kewaspadaan yang ditingkatkan tentunya. Masalahnya, pandangan ketika hujan tuh ga sebaik klo cuaca lagi cerah. Masalah ini bisa disebabkan oleh kaca helm. Ada yang jadi membias klo kena cahaya, ada juga yang demen banget sama butiran air sampe-sampe begitu air nempel di kaca jadi nempel mulu.

Tak terkecuali helm saya tercinta, GM Airborne yang umurnya udah 3 tahunan. Dulu sih klo kena air itu butiran air nyelonong aja ga pake nongkrong dulu di kaca, mungkin karena adanya baret halus pemakaian lama-lama butiran air jadi betah nempel di kaca.

Cari tau sana sini akhirnya didapat info yang bilang klo buat menghilangkan butiran air bisa pake tembakau, bisa juga pake cairan silikon yang biasa buat mengkilapkan body. Saya juga pernah denger katanya bisa pake minyak kayu putih, ya jelas sih, dari jaman kumpeni yang namanya air tuh ga nempel sama minyak. Tapi dipikir-pikir apa enggak ngerusak kaca tuh klo lama-lama dipake? Salah-salah malah bikin kaca jadi buram.

Akhirnya saya milih opsi pake silikon. Sayang aja rokok yang beli ketengan di warung dipatahin cuma buat diambil tembakaunya šŸ˜€

Dan ternyata cukup ampuh pemirsahh! Jadi begitu kaca helm kena air ujan, ga ada butiran air sebesar biji jagung yang nempel. Hampir semuanya mengalir dengan lancar. Biar ga dibilang hoax, nih saya kasih hasil tesnya.

hasil tesBisa dibilang tingkat keberhasilannya nyampe 80% deh.. Emang ga seluruhnya mengalir, tapi udah cukup membantu, apalagi klo hujan deras. Saya juga heran, kemarin kehujanan dengan sukses di sekitar Boyolali, hujannya cukup deras, itu butiran air ga banyak yang nempel, eh begitu masuk Solo dimana ujan udah agak reda itu kaca malah basah banget kaya abis cebok.

Here it is, another pictures..

di body Yang ada di dalam lingkaran itu bukan jawaban ujian ya, tapi bagian body motor yang saya olesin kuning telor silikon. Oiya, simulasi diatas saya lakukan pake sprayer tanaman ya.. Dan ini silikon yang saya pake

silikon

Tetep hati-hati, tetep bersyukur ketika hujan datang šŸ™‚

2 responses to “Bye Butiran Air

Leave a Reply

