A Stories of “Lu-Gue”

Satu lagi tulisan ndagel, ora bermutu, dan wagu.
Gini nih menowo utek lagi encer, inspirasi buat nulis dateng terus. It’s flow, it’s gembrobyos.

Kali ini cerita datang dari penggunaan bahasa ane sehari hari.
Alkisah, beberapa waktu yang lalu, sewaktu ane ikut Ujian Tulis D3 UNS, ane ketemu sama seseorang cowok yang lontang lantung seakan-akan mengalami disorientasi tujuan hidup *enggak juga dink
Mbeliyo ini anak Bandung, yang entah karena disengaja atau tidak, nyoba ikutan tes di UNS.

Doi ikut tes sendirian tanpa ada sanak pamili ataupun teman buat sekedar diajak ngobrol. Di sekitarnya banyak manusia manusia lokal yang ngomong apa dia juga gak tau. Rata-rata yang tes di ruangan ane tuh anak sekitar Karesidenan Surakarta, kebanyakan dari mereka juga udah saling mengenal sebelumnya, jadi mereka bisa asik ngobrol.

Singkat kata, doi ini senasib kayak ane, gak punya temen ngobrol. Eh tau-tau doi memberanikan diri menyapa ane.

“Ngambil jurusan apa Mas?”

Dia pake aksen khas Jawa Barat. Dari sini ane tau, kemungkingan besar sehari hari dia biasa ngomong pake ‘lu-gue’.

Aku Agribisnis Mas, Masnya ngambil jurusan apa?

Nah, disinilah the story begun. Ane prefer pake kata ‘aku’ daripada ‘gue’, dan memilih kata ‘masnya’ daripada ‘lu’, walaupun ane tau klo pake ‘lu-gue’ pas pertama kenalan itu gak dosa. But, it’s so strange for me man!

lu-guehttp://kammipolban.wordpress.com/2011/11/08/lhuu-gue-end/

Mungkin banyak yang heran kenapa ane pake kata ‘masnya’, bukan ‘kamu’.
Jujur wae dab, klo bilang ‘kamu’ ke manusia berbatang tuh rasanya gimana gitu. Terkesan intim banget 😀

lanjuut..