Minor Facelift Supra X 125R PGM-FI

Ini bukan minor facelift resmi yang dikeluarin AHM, melainkan minor facelift hasil tangan usil ane sendiri.

Beruntungnya punya motor dari pabrikan yang sukanya ngeganti baju doang, pengen upgrade tampilan jadi enggak terlalu ribet 😀
Buktinya ane berhasil ngerubah tampilan lampu depan Supra X 125R PGM-FI keluaran 2006 pake lampu New Supra X 125R. Seperti yang ndoro sekalian ketahui, Supra X 125 keluaran 2006 aselinya pake lampu yang agak membulat, sedangkan New Supra X 125 pake headlamp dengan desain meruncing. Mending liat gambarnya aja deh..

before-afterPerubahan itu ane lakukan sendiri dan alhamdulilah lancar jaya tanpa halangan berarti. Ini dikarenakan bentuk dasar dari dua generasi Supra X tersebut emang gak terlalu beda, contohnya speedometer sama posisi saklar-saklarnya.

Pertama, ane beli batok lampu depan sama belakang, cuma pake yang imitasi, soalnya yang ori lumayan nguras kantong 😀 Toh yang imitasi juga udah cukup mumpuni kok..

sesajenStok di toko waktu itu tinggal yang warna item doang, biar mecing batok lampu pun enggak lepas dari ulah tangan kereatif kreatif ane. Ane cat deh tuh batok lampu pake cat semprot. Tempelin masking tape sana-sini, mainin cutter sedikit, dan cess, klotok klotok, cess, cat semprot pun mulai menempel..

ngecat batok lampuOhiya, buat reflektornya ane pilih yang ori. Alasannya ane udah tau sendiri gimana kualitas mika lampu imitasi. Baru dipake bentar udah lecek aje tuh mika, kayak kertas ujian. Mending lecek, nah klo gosong gimana?
Part dengan nomor seri 33110-KVL-N01 itu ane beli seharga 120 ribu. Dudukan bohlamnya *disini nyebutnya ‘cop lampu’* juga ane pilih yang ori, harganya 26 ribu.

bungkus reflektorSetelah semua persiapan beres, langsung ke pengerjaannya.

Itu batok lama dibongkar semua, termasuk kabel-kabel ke saklar, sama speedo. Yang tersisa cuma stang sama handle rem doang. Untuk soketnya, kebetulan agak beda, yang lama bentuknya kotak, sedangkan New Supra x 125 agak pipih. Kabelnya pun beda, di Supra X 125 generasi awal ada kabel warna hijau (massa), coklat (lampu senja), putih (lampu dekat), sama biru (lampu jauh). Sedangkan di New Supra X 125 kabel warna coklat enggak ada, mungkin karena lampu senja di New Supra X itu posisinya di sein depan kali ya..

Beda soket no problemo dab, tinggal disambung pake kabel tambahan, trus diisolasi.

Oh iya, standarnya headlamp New Supra X 125 itu pake 2 bohlam 12V 18/18 watt yah.. Kali aja ada yang pengen ikutan pasang tapi belum tau ukuran bohlam standarnya. Klo Supra X 125 generasi lama sih 12V 35/35 watt, jadi jangan takut selisih watt-nya ntar kegedean, cuma 1 watt doang kok..

Ora Supra ora mesra, hidup rajanya bebek!

Advertisements

3 responses to “Minor Facelift Supra X 125R PGM-FI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s